Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang mengajak kepada setiap RT/RW untuk melakukan pengawasan kepada warganya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski saat ini vaksin COVID-19 sudah tiba.

"Pengawasan oleh RT/RW di lingkungan masing - masing harus terus ditingkatkan. Lebih aktif lagi dalam mengimbau dan melapor jika memang membutuhkan layanan kesehatan," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah usai acara peresmian Kampung Sejahtera Mandiri di Kampung Anggur Uwung Jaya, Kamis.

Ia mengatakan saat ini kunci dari menekan penyebaran COVID-19 adalah kedisiplinan dari setiap warga untuk memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak.

Di sisi lain, Pemkot Tangerang pun terus meningkatkan tracking terhadap adanya kasus baru dalam menekan penyebaran serta secara optimal melakukan pengobatan kepada pasien. "Jumlah tracing yang dilakukan sekitar 300-400 tes dalam satu hari," kata Wali Kota

Sementara itu, jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Tangerang mengalami penurunan selama tiga hari terakhir.

Baca juga: Satgas COVID-19 apresiasi aparat tegas bubarkan kerumunan di Tangerang

Berdasarkan laman covid19.tangerangkota.go.id pada 10 Desember 2020 pukul 17.00 WIB, kasus positif turun 56 kasus selama kurun waktu tanggal 8-10 Desember 2020.

Hingga saat ini, untuk kasus positif yang dirawat ada 358 orang, 80 orang dinyatakan meninggal, 2.903 dinyatakan sembuh dan 1.398 suspek.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombespol Sugeng Hariyanto mengatakan berharap masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitasnya.

Ia juga mengharapkan adanya Tim Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19 dapat menekan kasus penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, vaksin COVID-19 buatan Sinovac telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu malam dan langsung dibawa menuju Kantor Pusat Bio Farma di Kota Bandung.

"Setelah mendapatkan izin dari BPOM, baru kita lakukan vaksinasi. Kaidah-kaidah saintifik, kaidah-kaidah ilmiah ini juga saya sudah sampaikan, wajib diikuti. Kita ingin keselamatan, keamanan masyarakat itu harus betul-betul diberikan tempat yang paling tinggi," kata Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Tangerang kembali jalankan pembatasan sosial di tingkat rukun warga

Baca juga: OTG di Kota Tangerang tidak diperbolehkan isolasi mandiri di rumah


#satgascovid19
#ingatpesanibu
#pakaimasker
​​​​​​​#jagajarak
 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2020