Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur mengudeta puncak klasemen Grup J Liga Europa setelah dalam pertandingan pamungkas melumat Royal Antwerp 2-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Tottenham Hotspurs, London, Inggris, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Laga terakhir ini memang tak begitu berarti bagi kedua tim, pasalnya mereka sudah dipastikan lolos ke babak 32 besar Liga Europa sejak pertandingan kelima. Hanya saja, baik Tottenham maupun Antwerp bersaing untuk memperebutkan puncak klasemen grup.

Kemenangan ini juga menjadi revans bagi klub asuhan Jose Mourinho karena dalam pertandingan sebelumnya mereka kalah 0-1 di markas Antwerp.

Atas raihan ini Tottenham mengumpulkan 13 poin atau terpaut keunggulan satu poin dari Antwerp di posisi kedua dengan koleksi 12 poin, demikian catatan resmi UEFA.

Tuan rumah memang digdaya atas perwakilan Belgia tersebut dengan catatan 21 kali percobaan tendangan, di mana 10 di antaranya tepat sasaran. Berbanding terbalik dengan Antwerp yang hanya melepaskan dua percobaan tendangan sepanjang laga.

Peluang berbahaya pertama Tottenham tercipta pada menit ke-35. Aksi Lo Celso setelah melewati dua pemain Antwerp di akhiri dengan sepakan, namun kiper tim tamu, Beiranvand masih bisa menyelamatkan bola.

Keunggulan Tottenham baru terjadi pada menit ke-57. Berawal dari tendangan bebas Bale, bola masih bisa ditepis kiper namun pantulan malah mengarah ke Carlos Vinicuis yang lolos dari jebakan offside. Ia langsung melepaskan sontekan ke gawang kosong.

Kane membuang kesempatan untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-68. Ia yang memenangi duel udara untuk menyambut bola tendangan sudut, sayang sundulannya di depan mulut gawang malah melebar ke atas.

Tak lama setelah peluang itu, Lo Celso yang bermain apik dalam pertandingan ini mencatatkan namanya di papan skor. Lo Celso sukses menggetarkan jala gawang Antwerp setelah menyelesaikan umpan terukur Harry Kane. Tottenham menang 2-0.

Sementara itu dalam pertandingan lain yang mempertemukan klub asal Burgaria Ludogorets melawan LASK berakhir 3-1 untuk kemenangan tim tamu dalam laga yang berlangsung di Stadion Ludogorets.

Pertandingan antara kedua tim ini tak akan berpengaruh apapun karena mereka sudah dipastikan tersingkir di Liga Europa. Dalam klasemen akhir Grup J, LASK menempati posisi ketiga dengan raihan 10 poin di bawah Tottenham dan Antwerp, sementara Ludogorets menjadi bulan-bulanan karena belum meraih satu poin pun.

Baca juga: Leverkusen tutup penampilan fase grup dengan kemenangan atas Slavia
Baca juga: PSV kunci puncak Grup E Liga Europa setelah gulung AC Omonia 4-0
Baca juga: Young Boys tundukkan CFR Cluj untuk dampingi Roma ke 32 besar
Baca juga: Rangers mantapkan posisi puncak Grup D setelah menangi laga pemungkas
Baca juga: Sociedad ke babak 32 besar saat AZ terpeleset di markas Rijeka

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020