Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, meminta aparatur sipil negara (ASN) terus aktif menggali inovasi dan gagasan baru yang kreatif, dalam pencarian model bisnis dan cara kerja baru, yang memiliki nilai tambah berkelanjutan bagi pelayanan publik.

Menurut dia, peran strategis ASN adalah mengantarkan Indonesia menuju birokrasi berkelas dunia.

“Dalam alam kompetisi yang ketat, hanya birokrasi dan ASN yang bekerja secara inovatif yang akan mampu bersaing dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” ujar dia, saat memberikan sambutan dalam puncak Anugerah ASN 2020 di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan sumber daya manusia ASN yang unggul dan berkualitas, sehat, berdaya saing dan berakhlak mulia dapat mendukung kemajuan suatu bangsa.

Baca juga: Ma'ruf Amin: Reformasi birokrasi diikuti perubahan pola pikir ASN

Menurut dia, SDM unggul bisa terlihat dari, salah satunya, kemampuan ASN mengemban tugas sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional.

Anugerah ASN 2020 dapat dijadikan momentum untuk pencarian ASN yang memiliki kemampuan tersebut.

Pemerintah, melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memberi Anugerah ASN 2020 itu kepada ASN yang telah membuktikan torehan prestasi, terobosan, serta kontribusi nyata bagi organisasi dan masyarakat.

Tiga ASN terbaik dari setiap kategori Anugerah ASN 2020 telah dianugerahi Piala Adhigana di Jakarta pada Senin. Tiga kategori dalam Anugerah ASN 2020 tersebut yakni PNS Inspiratif, Pejabat Pimpinan Tinggi Teladan, dan Pemimpin Masa Depan.

Baca juga: DPR dukung Presiden percepat reformasi birokrasi dan struktural

Ma'ruf mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan Anugerah ASN 2020 itu. “Saya harapkan kepada seluruh penerima penghargaan agar terus menginspirasi dan berinovasi memberikan karya-karya terbaiknya kepada bangsa dan negara,” kata dia.

Penyerahan piala penghargaan, sertifikat, dan hadiah Anugerah ASN 2020 dilakukan Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kementerian PAN-RB, Dwi Wahyu Atmaji, dan Plt Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB, Teguh Widjinarko.

Baca juga: Ketua MPR: Penyederhanaan birokrasi jangan hambat karir ASN

Penghargaan diberikan kepada ASN dengan nama-nama sebagai berikut:

Top 3 PNS Inspiratif
1. Arif Wibowo – Balai Riset Perikanan, Perairan Umum, dan Penyuluhan Perikanan Palembang
2. Dian Inggrawati Soebangil – Kementerian Sosial
3. Fathul Aminudin Aziz – Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Top 3 PPT Teladan
1. Charlie D Hehatubun – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat
2. Diana Kusumastuti – Direktur Bina Penataan Bangunan, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
3. Herman Suryatman – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang

Top 3 Pemimpin Masa Depan
1. Ganjar Setya Pribadi – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung
2. Gilang Adi Nugroho – Kementerian Perdagangan
3. Muhammad Rifki Al Habib – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020