Ini kriteria menteri sosial menurut rektor Universitas Soedirman

id rektor unsoed,menteri sosial,korupsi menteri sosial

Ini kriteria menteri sosial menurut rektor Universitas Soedirman

Rektor Universitas Soedirman, Prof Suwarto. ANTARA/Sumarwoto

Purwokerto (ANTARA) - "Sosok yang layak menjadi menteri sosial adalah seseorang yang memiliki keikhlasan dalam mengabdi kepada masyarakat," kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman di Purwokerto, Prof Suwarto.

"Calon menteri sosial yang ideal saya kira adalah sosok yang ikhlas mengabdi untuk masyarakat serta rela menyediakan waktu, tenaga, dan sebagainya untuk membantu masyarakat," katanya, saat dihubungi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa.

Baca juga: KPK akan dalami kerugian keuangan negara kasus suap Juliari Batubara

Ia mengatakan jika sosok itu ikhlas dan rela, berarti tujuannya sebagai Mensos itu betul-betul untuk mengabdi dan mendapatkan ridha dari Allah SWT.

Akan tetapi jika ada keinginan yang lain, kata dia, sosok itu bisa jadi seperti beberapa menteri sosial sebelumnya yang terjebak dalam kasus korupsi. "Kalau kriteria-kriteria yang lain, saya kira normatif. Yang utama adalah ikhlas dan rela membantu masyarakat," katanya.

Baca juga: KPK amankan dokumen geledah rumah pribadi dan dinas Juliari Batubara

Oleh karena itu, kata dia, tidak masalah jika sosok yang menempati posisi menteri sosial itu berasal dari kalangan profesional maupun partai politik.

"Dari manapun sumbernya, itu saya kira tidak masalah, yang penting jangan dibebani sesuatu oleh kekuatan tertentu. Jangan dibebani, misalkan harus begini, harus begitu, membantu ini, dan membantu itu, sehingga kalau tidak ikhlas bisa seperti yang sudah-sudah," katanya.

Baca juga: Pengadaan bansos saat darurat ternyata rawan "diembat"

Disinggung mengenai sosok Tri Rismaharini yang dinilai sejumlah kalangan layak mengisi jabatan itu, dia mengaku tidak melihat langsung prestasi tokoh yang akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai wali kota Surabaya pada Februari 2021 itu.

Akan tetapi berdasarkan laporan maupun pemberitaan yang dibacanya, dia menilai Risma merupakan sosok yang betul-betul mengabdi kepada masyarakat.

Baca juga: KPK segel lima lokasi terkait kasus korupsi menteri sosial

Pewarta : Sumarwoto
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar