Jakarta (ANTARA) - Google Play merilis daftar aplikasi, game, film, dan buku terbaiknya di sepanjang tahun 2020. Melalui siaran persnya, Rabu, Google menilai bahwa aplikasi pengembangan diri merupakan jenis aplikasi yang mencerminkan tahun ini di dunia, tak terkecuali Indonesia.

Editor Google Play memilih Loona: Bedtime Calm & Relax sebagai Aplikasi Terbaik 2020. Diikuti Microsoft Office sebagai Aplikasi Pilihan Pengguna, dan Campaign #ForChange sebagai Aplikasi Berdampak Positif.

Zoom berada di lima besar untuk kategori Best Everyday Essentials. Di kategori yang sama, terdapat aplikasi Calmaria, Meensho, Microsoft Office, dan Grid Diary.

Di kategori Best for Personal Growth, sejumlah aplikasi pendidikan merajai lima besar. Di Indonesia, aplikasi yang berhasil masuk adalah Cake: Learn English for Free, Timecap: Habit tracker & Motivation, Skill Academy by Ruang Guru, CoLearn: Foto Soal MTK dan Belajar Online SMA-SMP, dan Intellect: Create a Better You.

Baca juga: Kobe Bryant hingga Tom Hanks paling banyak dicari sepanjang 2020

Selanjutnya adalah Best Hidden Gems yang terdiri dari Splash: Music and Beat Maker - Record Your Own Song, Loona: Bedtime Calm & Relax, Co-Star Personalized Astrology, Rentique, dan Tayasui Sketches.

Di kategori Best for Fun terdapat CapCut, Resso, Kakaopage: Webtoon Original, HBO GO, dan Reface: Face swap videos and memes with your photos.

Sementara, di kategori game, Google menilai bahwa 2020 merupakan tahun bagi game kasual dan genrenya lebih beragam. Game petualangan seperti Genshin Impact menjadi Game Terbaik 2020 sekaligus Game Pilihan Pengguna di tahun ini.

Jika dibedah dari kategorinya, Best Competitive Games diraih oleh Dragon Raja - SEA, The Seven Deadly Sins: Grand Cross, One Punch Man: The Strongest, Black Dessert Mobile, dan Legends of Runeterra.

Bagi Casual Games, lima besarnya diraih oleh Garena Fantasy Town, Rocky Rampage: Wreck 'em Up, Tom and Jerry: Chase, Poly Star: Prince Story, dan KartRider Rush+.

Best Innovative Games ada Guardian Tales, Fancade, Genshin Impact, The Gardens Between, dan Arknights. Lalu di kategori Best Indie Games terdapat inbento, Cookies Must Die, Bistro Heroes, Sky Children of the Light, dan Maze Machina.

Baca juga: Nasib ponsel Huawei jika rujuk dengan Google

Baca juga: Media-media berbagi pengalaman monetisasi alternatif

Baca juga: Layanan "down", Tim YouTube: Kami menyadari dan menyelidikinya

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020