Yogyakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Saraf Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah mada (RSA UGM), dr. Fajar Maskuri, Sp.S., M.Sc menyebutkan penyakit delirium sebagai gejala baru COVID-19 yang diklaim banyak ditemukan pada pasien COVID-19 berusia lanjut.

Fajar Maskuri melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis, mengatakan delirium merupakan gangguan sistem saraf pusat berupa gangguan kognitif dan berkurangnya kesadaran terhadap lingkungan. Kondisi ini terjadi akibat disfungsi otak pada beberapa pasien COVID-19.

Ia menyampaikan terdapat sejumlah gejala deilirium. Salah satunya adalah kebingungan pada pasien COVID-19, disorientasi, bicara mengigau, sulit konsentrasi/kurang fokus, gelisah, serta halusinasi.

Baca juga: Benarkah delirium gejala baru COVID-19? Ini faktanya

"Gejala-gejala itu munculnya fluktuatif dan biasanya berkembang cepat dalam beberapa jam atau beberapa hari," kata Fajar.

Adapun penyebab delirium pada pasien COVID-19 disebutkan Fajar karena multifaktor. Salah satunya kurangnya oksigen dalam tubuh atau hipoksia.

Berikutnya, adanya penyakit sistemik dan inflamasi sistemik, gangguan sistem pembekuan darah yang terlalu aktif (koagulopati), dan infeksi virus COVID-19 langsung ke saraf. Lalu, mekanisme autoimun pasca infeksi dan endotelitis turut berpengaruh terhadap munculnya delirium pada pasien namun dengan intensitas lebih jarang dibandingkan mekanisme yang lain.

Fajar menjelaskan bahwa gangguan neurologis dapat terjadi pada sekitar 42.2 persen pasien COVID-19. Sementara manifestasi gangguan neurologis tersering pada pasien COVID-19 adalah nyeri otot (44.8 persen), nyeri kepala (37.7 persen), delirium (31.8 persen), serta dizziness (29,7 persen).

"Secara umum, delirium dialami pada 13-19 persen pasien COVID-19," kata dia.

Baca juga: Sakit tenggorokan dan mengigil perlu curiga COVID-19

Lebih lanjut, Fajar menjelaskan delirium ini rentan terjadi pada orang lanjut usia (lansia) atau di atas 65 tahun, terutama pada lansia yang lebih lemah.

Ia mengatakan terdapat beberapa kondisi lain yang menyerupai delirium COVID-19 pada lansia. Beberapa di antaranya delirium akibat gangguan kognitif yang bersifat fluktuatif seperti yang terjadi pada ensefalopati uremikum serta gangguan kognitif yang bersifat terus-menerus seperti pada demensia.

Delirium, kata dia, banyak dijumpai pada pasien COVID-19 lansia, tetapi bukan berarti pasien dengan usia muda tidak bisa terkena delirium.

"Ditemukannya delirium pada pasien COVID-19 usia muda menandakan adanya ensefalopati akibat gangguan pernafasan yang berat," kata dia.

Selain itu, delirium juga dapat terjadi pada pasien-pasien yang mendapat obat-obatan psikotropika karena kondisi penyakit tertentu.

Oleh sebab itu, peran keluarga sangat penting untuk memberikan informasi tentang riwayat penyakit dan obat-obatan yang dikonsumsi pasien kepada petugas medis saat pasien dirawat.

Baca juga: Sakit mata jadi gejala baru COVID-19

Delirium pada pasien COVID-19 disebutkan Fajar berhubungan dengan kegagalan sistem multi-organ. Karenanya pasien COVID-19 dengan gejala berat berisiko empat kali lipat mengalami delirium.

"Delirium pada COVID-19 berhubungan dengan pemanjangan masa rawat inap (length of stay) hingga tiga kali lipat," kata dia.

Dalam jangka panjang delirium berhubungan dengan outcome fungsional yang lebih buruk pada pasien-pasien COVID-19 yang dirawat. Sebab, pasien membutuhkan pemantauan jangka panjang untuk menilai beban akibat delirium yang sebenarnya.

Sementara pada beberapa pasien COVID-19 dengan gejala ringan yang tidak membutuhkan rawat inap dilaporkan mengalami gangguan konsentrasi yang terus-menerus dan penurunan memori jangka pendek (brain fog). Oleh sebab itu evaluasi sistem saraf dan kognitif menjadi penting untuk menegakkan diagnosis lebih lanjut serta untuk menentukan terapi rehabilitasi yang dibutuhkan pasien.

"Karenanya kenali dan waspadai delirium yang dapat menjadi gejala awal COVID-19. Segera periksakan ke pusat pelayanan kesehatan terdekat bila ada keluarga yang dicurigai mengalami kondisi delirium," kata. dia.

Baca juga: Dokter: Kelelahan kronik salah satu gejala "Long COVID"
Baca juga: CDC rekomendasikan karantina COVID-19 jadi 10 hari
Baca juga: Orang tanpa gejala COVID-19 justru paling banyak tularkan virus


Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020