Rio De Janeiro (ANTARA) - Brazil mencatat lebih dari 1.000 kematian harian baru COVID-19 untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga bulan pada Kamis, ketika Mahkamah Agung memutuskan bahwa vaksinasi dapat diperlukan di negara Amerika Selatan itu.

Brazil, yang memiliki wabah paling mematikan kedua di dunia setelah Amerika Serikat, melaporkan 1.092 kematian akibat virus corona dan 69.826 kasus baru yang dikonfirmasi, saat (kasus) gelombang kedua yang meningkat sejak pertengahan November semakin parah.

Ini merupakan jumlah kematian tertinggi sejak 15 September, ketika negara itu melaporkan 1.115 kematian. Pandemi sekarang merenggut 184.827 nyawa orang Brazil, dan lebih dari 7 juta terinfeksi.

Keinginan untuk penguncian yang meluas tampaknya terbatas di Brazil, yang memiliki kantung-kantung kemiskinan yang parah. Namun hakim Mahkamah Agung Brazil mengeluarkan perintah yang mewajibkan bar dan restoran di Sao Paulo, negara bagian terpadat di negara itu, untuk berhenti menyajikan alkohol setelah jam 8 malam.

Pengadilan juga memutuskan bahwa warga Brazil dapat "diminta, tetapi tidak dipaksa" oleh otoritas sipil untuk divaksin. Mekanisme penegakan khusus yang diizinkan oleh perintah itu tidak segera jelas, tetapi Hakim Agung Ricardo Lewandowski menulis dalam keputusan mayoritas bahwa individu yang menolak untuk mengambil vaksin dapat menghadapi sanksi, seperti ketidakmampuan untuk mengambil bagian dalam kegiatan tertentu atau sering ke lokasi tertentu.

Presiden sayap kanan Brazil Jair Bolsonaro, yang sering meremehkan tingkat keparahan pandemi, berulang kali mengatakan di masa lalu bahwa dia tidak akan mengambil vaksin apa pun dan bahwa orang Brazil biasa juga tidak akan diminta untuk melakukannya, sebuah posisi yang membuatnya berselisih dengan pengadilan.

Sebelumnya pada hari itu, dalam kemunduran Brazil melawan pandemi, Menteri Kesehatan Eduardo Pazuello mengatakan Pfizer Inc mengalami kesulitan mendapatkan persetujuan untuk vaksinnya di Brazil. Dia mengatakan seorang eksekutif Pfizer memberitahunya bahwa proses persetujuan terbukti lebih berat daripada yang diharapkan di Brazil.

Sumber: Reuters
​​​​​​​Baca juga: Brazil berencana vaksinasi 51 juta jiwa pada semester I 2021
Baca juga: Jumlah warga Brazil yang tolak vaksin COVID-19 naik jadi 22 persen
Baca juga: Bolsonaro: Brazil tawarkan vaksin COVID-19 secara gratis untuk rakyat

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020