Saat ini sudah ada tiga stasiun yang melayani tes antigen dengan harga Rp105 ribu
Cirebon (ANTARA) - Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, Luqman Arif mengatakan per hari Jumat (25/12) pihaknya membuka layanan tes cepat (rapid test) antigen di Stasiun Jatibarang, Indramayu, untuk memberikan kemudahan bagi calon penumpang.

"Mulai hari ini (Jumat 25/12) kami membuka layanan tes antigen di Stasiun Jatibarang," kata Luqman di Cirebon, Jumat.

Menurut Luqman, layanan tes antigen diberlakukan bagi para penumpang kereta jarak jauh mulai tanggal 22 Desember setelah adanya peraturan dari Satgas Penanganan COVID-19.

Baca juga: Harus tes antigen, KAI longgarkan pembatalan tiket hingga 3 bulan

Di Daop 3 Cirebon, lanjut Luqman, saat ini layanan tes antigen terdapat di tiga stasiun yaitu Cirebon Kejaksan, Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang Indramayu.

"Saat ini sudah ada tiga stasiun yang melayani tes antigen dengan harga Rp105 ribu," kata Luqman.

Dibukanya layanan tes antigen di Stasiun Jatibarang, lanjut Luqman, karena calon penumpang di stasiun tersebut cukup banyak yaitu berkisar 100 sampai 120 orang per hari.

Baca juga: KAI: Pelaksanaan tes cepat antigen Stasiun Gambir lancar

Sedangkan untuk mengakses layanan tes antigen di Indramayu cukup sulit dan jika pun ada jaraknya cukup jauh sehingga memakan waktu yang lama.

"Rumah sakit atau klinik yang melayani tes antigen di Indramayu jaraknya jauh dan memakan waktu lama serta tarif lebih mahal dari yang ada di stasiun," ujarnya.

Baca juga: Penumpang kereta api tanggapi positif syarat rapid test antigen

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020