Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (29/12), mulai dari PT Krakatau Steel Tbk yang menerbitkan obligasi wajib konversi hingga IHSG yang tertekan aksi ambil untung.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Krakatau Steel terbitkan obligasi Rp3 triliun

PT Krakatau Steel Tbk menerbitkan obligasi wajib konversi (mandatory convertible bond/MCB) senilai Rp3 triliun dalam rangka menjalankan program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

"Krakatau Steel memperoleh suatu kepercayaan untuk menjalankan program PEN dengan pagu Rp3 triliun, pagu sebesar itu dijalankan dengan skema OWK," ujar Direktur Keuangan Krakatau Steel Tardi dalam paparan publik secara daring di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini


2. Holding hotel, WIKA Realty dan 4 BUMN sepakati perjanjian komitmen

PT WIKA Realty, selaku anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, bersama empat BUMN lainnya melakukan penandatanganan Perjanjian Komitmen Jual Beli Saham dan Perjanjian Komitmen Jual Beli Asset sebagai bagian dari pembentukan holding hotel BUMN.

“Konsolidasi bisnis hotel ini sejalan dengan langkah menjadikan BUMN sebagai institusi bisnis yang kompetitif sekaligus mengatur lini bisnis hotel BUMN sehingga BUMN Induk yang sebelumnya membawahi anak-anak usaha hotel dapat dapat menjalankan bisnis sesuai bisnis inti yang dimiliki," ujar Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini


3. OJK perpanjang kebijakan stimulus untuk lembaga keuangan non-bank

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperpanjang kebijakan stimulus untuk lembaga keuangan non-bank melalui penerbitan POJK Nomor 58/POJK.05/2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 14/POJK.05/2020 Tentang Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 bagi Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank.

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan POJK tersebut dikeluarkan setelah mencermati perkembangan dampak ekonomi akibat penyebaran COVID-19.

Baca selengkapnya di sini


4. Soekarno-Hatta siapkan lima hari karantina penerbangan internasional

Satgas Udara Penanganan COVID-19 di Bandara Soekarno-Hatta yang terdiri dari unsur gabungan antara lain PT Angkasa Pura II, TNI/Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes), Kantor Otoritas Bandara, Kantor Imigrasi serta Bea dan Cukai menyiapkan proses karantina selama lima hari bagi seluruh penerbangan internasional.

Karantina tersebut merupakan tindak lanjut dari protokol kesehatan yang diterbitkan Satgas Penanganan COVID-19.

Salah satu protokol kesehatan tercantum di dalam Addendum SE Nomor 03 Tahun 2020, yang memasukkan ketentuan khusus yakni pelaku perjalanan WNA dari Inggris yang memasuki Indonesia baik langsung mau pun transit di negara asing, tidak dapat memasuki Indonesia.

Baca selengkapnya di sini


5. IHSG ditutup jatuh 57,38 poin, tertekan aksi ambil untung

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa sore ditutup melemah tertekan aksi ambil untung oleh para investor.

IHSG ditutup melemah 57,38 poin atau 0,94 persen ke posisi 6.036,17. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 turun 10,3 poin atau 1,08 persen ke posisi 945,59.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020