Taput (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan pihaknya sudah menyiapkan beberapa langkah dalam upaya pengembangan pariwisata Indonesia pada tahun 2021.

"Hal itu, bertujuan agar dunia pariwisata Tanah Air tetap berkembang di tengah pandemi COVID-19," katanya saat kunjungannya ke kawasan Danau Toba, Kamis.

Ia mengatakan, pariwisata harus didorong bersama dengan ekonomi kreatif dari hasil produk-produk anak bangsa, untuk dipasarkan dengan fokus wisatawan dalam negeri.

Baca juga: Percepat pemulihan wisata, Sandi Uno ajak dialog pemda se-Indonesia

"Kita berinovasi dari segi produk ekonomi kreatif dan pariwisata. Dari segi paket-paket yang akan dijual dengan fokus kepada wisatawan domestik," katanya.

Ia menyebutkan pariwisata Indonesia lesu dampak dari pandemi COVID-19 pada tahun 2020. Untuk pihaknya ‎mengajak masyarakat untuk berwisata ke dalam negeri saja pada tahun 2021. Namun, wajib menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Rahasia Sandi Uno jaga imunitas dengan "infused water" racikan istri

"Karena tentunya harapan kita jangan mengedepankan pariwisata, namun akhirnya menimbulkan peningkatan jumlah penularan COVID-19‎," ungkap Sandiaga di hari terakhir dalam kunjungan kerja di Danau Toba, Sumatera Utara, Kamis siang, (31/12).

Sandiaga mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan ‎untuk penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran COVID-19 untuk setiap fasilitas dan sarana pariwisata di Tanah Air ini.

"Kita harus berkolaborasi karena pariwisata itu lintas sektor," katanya.

Pewarta: Juraidi dan Donny Aditra
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020