Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyarankan bagi warga DKI Jakarta untuk "staycation" atau menetap di hotel untuk merayakan liburan menyambut Tahun Baru 2021 saat pandemi COVID-19.

"Kalau kebetulan para warga masyarakat yang ingin berlibur, saya sarankan 'staycation' .Kalau tidak di rumah saja, mungkin tinggal di hotel yang sudah menerapkan standar yang ketat dan disiplin," ujar Sandi saat menyambangi Thamrin 10 di Jakarta, Kamis.

Sandi menjelaskan hotel yang menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dalam dunia pariwisata dikenal telah memiliki CHSE atau Cleaningness, Health, Safety, Environmental Sustainability.

"Lebih gampang K-4 lah sebutannya. K-4 ini singkatan dari kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan. Itu imbauan saya," ujar Sandi.

Meski demikian ia berharap masyarakat dapat merayakan Tahun Baru secara sederhana di rumah dan tidak perlu beraktivitas keluar rumah.

"Lebih bagus di rumah saja, tapi kalau ingin tetap merayakan bersama, saran kami tinggal di hotel dan sesuai dengan protokol kesehatan. Tetap tegakkan disiplin 3M," ujar mantan Wakil Gubernur DKI itu.

Seperti diketahui, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya pergantian Tahun Baru kali ini harus dirayakan secara sederhana dan warga diimbau untuk tetap berada di rumah saja untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Di DKI Jakarta bahkan seluruh tempat wisata ditutup mulai 31 Desember 2020-1 Januari 2021 agar tidak menciptakan kerumunan warga.

Baca juga: Sandiaga Uno beri kenang-kengan kain Ulos Danau Toba kepada Wagub DKI
Baca juga: Sandi minta Pemprov DKI siapkan hotel untuk isolasi bagi pendatang
Baca juga: Menteri Sandi temui Wagub DKI di Thamrin 10 bahas pariwisata kreatif

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2020