Jakarta (ANTARA) - Ibu kota Jakarta pada Sabtu (2/1) pagi didominasi cuaca berawan, berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dikutip dari laman bmkg.go.id yang dilihat di Jakarta pukul 03.55 WIB, wilayah DKI Jakarta akan berawan dengan suhu udara 24-33 derajat Celcius.

Kecuali, di wilayah Kepulauan Seribu, yang diprakirakan mengalami hujan ringan pada pagi hari dengan suhu udara 26-30 derajat Celsius.

Namun, potensi hujan bisa muncul pada siang hari pukul 13.00-16.00 WIB di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Baca juga: BMKG: Bencana hidrometeorologi rutin terjadi di segala musim

Sementara cuaca wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada siang hari akan cerah berawan, dan Jakarta Pusat masih berawan.

BMKG memprakirakan hujan akan berlanjut untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur hingga malam hari pukul 19.00 WIB, sementara di Jakarta Barat akan berhenti dan cuaca akan kembali berawan pada malam hari.

Sedangkan wilayah Jakarta Pusat tetap berawan, di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu berstatus cerah berawan pada malam hari.

Baca juga: Hujan lebat diprakirakan meliputi sebagian wilayah pada akhir tahun

Kemudian pada Minggu dinihari, hujan ringan diprakirakan akan melanda wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, cuaca berubah menjadi berawan pada Minggu dinihari.

BMKG memberi peringatan dini untuk wilayah-wilayah berikut berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat, di antaranya:

Jakarta Barat: Tambora, Grogol Petamburan, Taman Sari, Cengkareng, Kebon Jeruk, Kalideres, Palmerah, dan Kembangan

Jakarta Selatan: Tebet, Setiabudi, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, Kebayoran Lama, Cilandak, Kebayoran Baru, Pancoran, Jagakarsa, Pesanggrahan

Baca juga: BMKG perkirakan potensi hujan di sebagian wilayah Indonesia

Jakarta Pusat: Sawah Besar, Kemayoran, Gambir, Senen, Cempaka Putih, Menteng, Tanah Abang, Johar Baru

Jakarta Timur: Pulogadung, Jatinegara, Cakung, Matraman, Kramat Jati, Pasar Rebo, Duren Sawit, Makasar, Cipayung, Ciracas

Jakarta Utara: Tanjung Priok, Penjaringan, Koja, Pademangan, Cilincing, Kelapa Gading

Secara keseluruhan, pada hari Sabtu ini, rentang suhu udara Jakarta berkisar 24-33 derajat Celsius, dengan rincian, Jakarta Barat (24-33 derajat), Jakarta Pusat (25-31 derajat), Jakarta Selatan dan Jakarta Timur (24-33 derajat), Jakarta Utara (25-31 derajat) dan Kepulauan Seribu (26-30 derajat).

Adapun kelembapan udara akan berkisar sekitar 65 hingga 95 persen, dengan rincian wilayah Jakarta Barat berkisar 65-95 persen, Jakarta Pusat 75-95 persen, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur 70-95 persen, Jakarta Utara 75-95 persen dan Kepulauan Seribu 70-95 persen.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021