Madiun (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun mencatat zero kecelakaan kereta api (KKA) atau accident dalam kinerja operasional keselamatan perjalanan KA selama kurun waktu 1 Januari sampai dengan 31 Desember 2020.

Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan zero accident kecelakaan kereta api (KKA) yang dimaksud adalah tabrakan antara kereta api dengan kereta api, baik secara berhadapan atau dari belakang, anjloknya roda kereta dari jalur hingga timbulnya korban jiwa atau tidak.

Baca juga: Daop Madiun siagakan 10 lokomotif dan 57 gerbong hadapi Nataru

"Sampai dengan tanggal 31 Desember 2020, alhamdulillah perjalanan KA di wilayah Daop 7 Madiun berjalan selamat, aman, lancar, dan terkendali," ujar Ixfan dalam keterangannya di Madiun, Sabtu.

Ia menjelaskan, selain zero accident, KAI Daop 7 Madiun juga mencatat penurunan kasus yang masuk dalam kategori non-kecelakaan kereta api (NKKA) selama 2020. Contohnya seperti kereta tertemper orang, tertemper kendaraan, pengganjalan KA, atau pelemparan pada KA yang melintas.

Sesuai data, kejadian NKKA di jalur KA selama tahun 2019 totalnya mencapai sejumlah 62 kejadian. Sedangkan untuk tahun 2020 sejumlah 50 kejadian, atau turun sekitar 20 persen.

Menurutnya banyak faktor yang membuat kejadian non-kecelakaan KA di perlintasan menurun. Yaitu, intensifnya sosialisasi yang dilakukan Daop Madiun baik secara langsung maupun melalui media masa, serta adanya kegiatan "focus group discussion" (FGD) yang melibatkan stakeholder.

Selain itu, juga adanya kepedulian dari pemerintah daerah dalam hal keselamatan di perlintasan. seperti Pemkab Jombang, Pemkab Madiun, dan Pemkot Blitar yang telah melakukan pengadaan pembangunan pos palang pintu perlintasan beserta tenaganya.

Menurunnya kejadian di jalur KA juga tidak lepas dari gencarnya KAI Daop 7 Madiun dalam melakukan penutupan cikal bakal maupun perlintasan liar yang dapat mengganggu keselamatan perjalanan KA. Dalam kurun tahun 2020 sudah 51 lokasi cikal bakal dan perlintasan liar yang ditutup oleh Daop 7 Madiun.

"Kami terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api. Sebab, keselamatan adalah kunci meningkatnya kepercayaan masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api," kata Ixfan.

Baca juga: KAI Daop Madiun layani 79.665 penumpang selama libur Natal 2020
 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021