Cirebon (ANTARA) - Kapolresta Cirebon, Jawa Barat, Kombes Pol M. Syahduddi mengatakan puncak arus balik kendaraan libur tahun baru di jalan tol dan arteri terjadi pada Ahad malam.

"Puncak arus balik libur tahun baru terjadi hari ini," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M. Syahduddi di Cirebon, Ahad.

Diperkirakan arus kendaraan yang melintas di jalan tol tidak seramai pada arus balik libur Natal kemarin.

Meskipun diprediksi tidak seramai libur Natal, namun pihaknya tetap mengantisipasi kemungkinan adanya kepadatan kendaraan di jalur tol maupun arteri dengan menyiagakan personel.

Baca juga: KAI Cirebon operasikan 2 KA Argo Cheribon pada puncak arus balik

Baca juga: Stasiun Yogyakarta berangkatkan 3.600 penumpang puncak arus balik


"Diperkirakan tidak seramai kemarin, tapi tentu kami tetap siaga," ujarnya.

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, pihaknya telah melakukan rekayasa lalu lintas dengan pengalihan arus yang dikhususkan bagi kendaraan besar sumbu tiga ke atas tidak diperbolehkan masuk tol mengarah ke Jakarta.

Menurutnya, kendaraan besar yang dilarang melintasi jalur tol ialah angkutan pengangkut hasil tambang dari mulai batu, pasir, tanah, dan sejenisnya.

"Sedangkan kendaraan besar yang mengangkut kebutuhan pokok masyarakat seperti sembako, air minum kemasan, BBM, BBG, pupuk, dan lainnya masih diperkenankan melewati jalur tol," katanya.*

Baca juga: KAI: Hari ini puncak arus balik Daop 1 Jakarta

Baca juga: Kabag Ops Korlantas: Peningkatan arus balik Nataru belum signifikan

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021