Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) berharap pihak sekolah (SMA sederajat) segera membuat akun LTMPT menjelang pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah PhD di Makassar, Senin, mengatakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) hari ini (Senin, 4/1) secara resmi meluncurkan dimulainya tahapan SNMPTN 2021.

"Pihak sekolah diharapkan untuk segera membuat akun LTMPT dan melengkapi data pada pangkalan data sekolah dan siswa atau PDSS, untuk menentukan siswa yang eligible sebagai peserta SNMPTN,” katanya.

Sesuai ketentuan, sekolah-sekolah dapat mengusulkan siswa yang eligible untuk mengikuti SNMPTN berdasarkan kriteria akreditasi sekolah.

Baca juga: LTMPT sebut kuota siswa eligible daftar SNMPTN ditentukan sejak awal

Baca juga: Seleksi masuk perguruan tinggi negeri dilakukan secara terintegrasi


Untuk sekolah yang memiliki akreditasi A dapat mengusulkan 40 persen dari siswa terbaiknya, sekolah akreditasi B dapat mengusulkan 25 persen siswa terbaiknya. Sementara sekolah dengan akreditasi C atau lainnya, dapat mengusulkan lima persen siswa terbaiknya.

"Semua informasi resmi seputar proses SNMPTN dapat langsung dilihat pada laman resmi LTMPT. Hal ini penting sebagai sumber rujukan yang kredibel," ujarnya.

Selain itu, kata Suharman, juga penting diperhatikan mengenai jadwal-jadwalnya, karena ada batasan waktu yang diberikan dan jangan dipandang enteng.

Informasi resmi terkait SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 dapat dilihat melalui laman http://www.ltmpt.ac.id maupun akun sosial media resmi yang dimiliki LTMPT.

Ia menjelaskan secara umum proses masuk PTN, khususnya Unhas, tidak mengalami perubahan dibandingkan tahun lalu.

Ada tiga jalur masuk, yaitu jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri.

Unhas mulai hari ini melakukan sosialisasi SNMPTN 2021 melalui live streaming pada akun sosial media resmi Instagram Unhas @hasanuddin_univ.

Baca juga: Sekolah yang tidak gunakan kurikulum nasional tidak boleh daftar PDSS

Baca juga: LTMPT umumkan kuota siswa eligible untuk daftar SNMPTN


Kegiatan ini dimaksudkan memberikan informasi terkait proses, tahapan, persyaratan, serta seluk-beluk penerimaan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin, khususnya melalui jalur SNMPTN.

Jadwal SNMPTN 2021

- Peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2021: 4 Januari 2021
- Registrasi Akun LTMPT: 4 Januari s.d. 1 Februari 2021
- Penetapan Siswa yang eligible oleh Sekolah: 4 Januari s.d. 8 Februari 2021
- Pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS): 11 Januari s.d. 8 Februari 2021
- Pendaftaran SNMPTN: 15 s.d. 24 Februari 2021
- Pengumuman Hasil SNMPTN: 22 Maret 2021

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021