Pontianak (ANTARA) - Provinsi Kalimantan Barat menerima 18.360 vial vaksin COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, yang dikirim menggunakan pesawat udara dan tiba di Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, pada Selasa pagi.

"Alhamdulillah, hari ini kita telah menerima vaksin Sinovac dari Kementerian Kesehatan dan kita dikawal bersama pihak Polda Kalbar dan Kodam XII Tanjungpura," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson di Bandara Supadio.

Ia menjelaskan, persediaan vaksin COVID-19 tiba di Bandara Supadio sekitar pukul 09.30 tadi dan langsung dibawa ke Kantor Dinas Kesehatan.

"Untuk vaksin ini perlu rantai dingin agar khasiat dan fungsinya bisa terjaga dengan baik. Intinya semua sudah kita persiapkan, termasuk untuk jalur distribusinya," katanya mengenai teknis pemindahan, penyimpanan, dan distribusi vaksin.

Harisson menjelaskan bahwa vaksin COVID-19 akan diberikan kepada 26.551 tenaga kesehatan pada tahap awal vaksinasi yang dijadwalkan berlangsung mulai 14 Januari sampai April 2021.

"Per 1 Januari 2021, jumlah tenaga kesehatan yang ada di Kalbar sebanyak 26.651 orang. Jadi, para tenaga kesehatan ini yang akan mendapatkan vaksinasi pertama," katanya.

"Baik tenaga kesehatan dengan status pegawai negeri maupun yang swasta, yang honorer atau yang kontrak, semua didaftarkan untuk program vaksinasi ini," ia menambahkan.

Baca juga:
22.000 dosis vaksin COVID-19 untuk Riau tiba di Pekanbaru
​​​​​​​
Bali terima 31.000 dosis vaksin COVID-19 untuk tahap pertama

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021