Jakarta (ANTARA) - Di antara beragam jenis fad diet atau diet yang mengharuskan menghilangkan satu dari komponen makanan harian agar berat badan turun dalam waktu cepat, yang paling mendapat perhatian saat ini adalah diet GM.

Diet GM, dikutip dari Indian Express pada Rabu, adalah singkatan dari General Motors diet, yang mengklaim dapat membantu seseorang menurunkan berat badan hingga 15 pon atau 6,8 kg hanya dalam satu minggu.

Baca juga: Rebel Wilson sukses diet di tahun 2020, bobotnya jadi 75 kg

Diet GM diketahui telah diformulasikan di General Motors Corp pada tahun 1987, untuk mengatasi masalah berat badan dan kesehatan yang dihadapi karyawannya. Diet ini telah diuji di John Hopkins Research Center dan kemudian disetujui untuk didistribusikan oleh dewan direksi GM Corp.

Menurut gmdiet.in, diet ini berfokus pada pemberian nutrisi sederhana untuk membakar kalori dalam waktu tujuh hari sehingga memungkinan terjadinya penurunan berat badan dan detoksifikasi.

Menu diet GM

Diet GM dapat dilakukan oleh vegetarian dan non-vegetarian, sebab sampai hari keempat menunya tetap sama dan bisa disesuaikan dengan preferensi makanan seseorang pada hari kelima dan ketujuh.

Hari pertama
Anda bisa mengkonsumsi buah yang manis dan padat untuk membuat kenyang dalam waktu lama seperti melon, semangka, stroberi dan apel.

Hari kedua
Anda bisa mengonsumsi semua sayuran seperti selada, tomat, kol, bawang merah, kangkung, artichoke, bayam, brokoli, dan sedikit kentang untuk sarapan.

Hari ketiga
Hari ketiga terdiri dari buah-buahan dan sayuran. Ini adalah hari ketika tubuh Anda mulai kehilangan lemak dalam beberapa bagian. Karbohidrat kompleks dalam buah-buahan membantu Anda tetap berenergi dan juga tetap fokus. Pilih salad, sayuran rebus, dan air yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Baca juga: Adakah manfaat diet golongan darah?

Hari keempat
Anda boleh mengkonsumsi sup tetapi yang paling dianjurkan adalah memakan delapan pisang ukuran sedang dan tiga gelas susu skim sepanjang hari.

Hari kelima
Anda bisa memilih satu jenis makanan di antara ayam, ikan atau daging sapi. Makan tersebut bisa dikonsumsi dalam dua kali makan bersama dengan enam tomat.

Untuk vegetarian bisa mengganti daging dengan keju cottage atau nasi merah.

Hari keenam
Pada hari ini, Anda direkomendasikan untuk makan daging dan sayuran tanpa tomat.

Hari ketujuh
Lebih banyak buah dan sayuran.

Selain makanan yang disarankan, diet GM juga berfokus pada minum air yang cukup atau sekitar enam hingga delapan gelas setiap hari.

Baca juga: Diet mandiri di rumah, begini cara atur porsi makanan di piring saji

Apakah bertahan lama?

Diet ini melibatkan konsumsi makanan rendah kalori atau "makanan berkalori negatif" yang memberikan kalori lebih sedikit daripada yang mereka konsumsi untuk dicerna, sehingga mendorong penurunan berat badan.

Selain itu, menekankan pada air minum yang membantu detoksifikasi tubuh. Tapi seperti kebanyakan fad diet lainnya, para ahli pun memiliki pendapat yang berbeda apakah diet ini berkelanjutan atau dapat mempertahankan berat badan untuk waktu yang lama.

Menurut medicalnewstoday.com, diet ini kurang kandungan vitamin dan mineral esensial dalam menu makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, menu makanan yang ditawarkan dalam program diet menyediakan protein dalam jumlah rendah sehingga dapat menurunkan nafsu makan dan mendorong penurunan berat badan namun hanya sementara. Setelah program diet GM selesai, kemungkinan berat badan Anda akan kembali normal.



Baca juga: Bobot tubuh cepat naik, bisa jadi ini penyebabnya

Baca juga: MSG bisa gantikan garam?

Baca juga: Diet pescatarian ala Ed Sheeran & Melaney Ricardo sebabkan imun turun?

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021