Spekulasi keberadaan Jack Ma terus bergulir

id jack ma,alibaba,jack ma hilang

Spekulasi keberadaan Jack Ma terus bergulir

Dokumentasi - Jack Ma saat tiba di "Tech for Good" Summit di Paris, Prancis (15/5/2019). REUTERS/Charles Platiau/aa. (REUTERS/CHARLES PLATIAU)

Jakarta (ANTARA) - Pendiri Grup Alibaba, Jack Ma, tidak tampil di depan umum sejak dua bulan terakhir, setelah dia mengkritik pemerintah China dalam pidatonya.

Dikutip dari Reuters, Rabu, Jack Ma mengkritik sistem regulator China saat berbicara di sebuah forum di Shanghai, pada Oktober tahun lalu.

The Financial Times, dikutip dari Reuters, menuliskan Ma tidak tampil dalam acara "Africa's Business Heroes" pada November lalu.

Baca juga: Kekayaan Jack Ma terus bertambah

Jack Ma menjadi salah seorang juri dalam acara tersebut.

Juru bicara Alibaba menyatakan sang miliuner tidak bisa hadir pada acara tersebut karena masalah jadwal yang berbarengan dengan kegiatan lain.

Regulator China sejak Oktober lalu mengkritisi bisnis miliki Jack Ma, termasuk diantaranya mengadakan penyelidikan antimonopoli terhadap Alibaba.

Sementara Ant Group, anak perusahaan Alibaba dalam bidang teknologi finansial, terpaksa menunda rencana melantai di bursa saham.

Ketua BDA China, perusahaan konsultan teknologi, Duncan Clark, berpendapat Jack Ma kemungkinan mengikuti saran untuk tidak tampil di depan umum terlebih dulu.

"Ini situasi yang cukup unik, berkaitan dengan Ant dan hal-hal sensitif seputar regulasi keuangan," kata Clark.

Absennya Jack Ma di depan publik sempat menjadi pembicaraan utama di media sosial.

Baca juga: Pengadilan India panggil Alibaba dan Jack Ma, kenapa?

Baca juga: Jack Ma mundur dari SoftBank

Baca juga: Gandeng Alibaba, BMW percepat transformasi digital

Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar