Sampai hari ini masih dilakukan pemantauan dan ketersediaan harga komoditas pangan di masing-masing Kecamatan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat  memastikan produk  tahu dan tempe telah tersedia di pasar-pasar Jakarta Barat meski harga jualnya lebih tinggi 10-20 persen dibanding sebelum aksi mogok produsen tahu dan tempe yang berlangsung empat hari.

"Dari hari Senin ketersediaan tahu dan tempe hasil pemantauan sudah tersedia, namun dengan penyesuaian harga baru," ujar Kepala Sudin KPKP Iwan Indriyanto di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Sudin Ketahanan Pangan Jaksel pastikan ketersediaan tahu tempe aman

Iwan mengatakan terdapat kenaikan harga pada tempe dari Senin sekitar 20 persen dari harga awal, akibat lonjakan bahan baku kedelai.

Demikian pula dengan harga tahu yang naik sekitar 10-20 persen dari harga jual biasanya.

Pantauan ketersediaan tahu dan tempe tersebut dilakukan pada Minggu (3/1) hingga Selasa (5/1) di sejumlah pasar tradisional diantaranya Pasar Slipi Palmerah, Pasar Ganefo Kalideres, Pasar Pos Pengumben Kebon Jeruk, Pasar Kemiki Kembangan dan Pasar Tomang Barat Grogol Petamburan.

Baca juga: Produsen tempe di Sunter mulai beroperasi setelah mogok produksi

"Sampai hari ini masih dilakukan pemantauan dan ketersediaan harga komoditas pangan di masing-masing Kecamatan," ujar Iwan.

Sebelumnya, melonjaknya harga kedelai di pasaran berbuntut para produsen tahu dan tempe menggelar aksi mogok produksi yang berlangsung sejak Kamis, 31 Desember 2020.

Baca juga: Konsumen keluhkan hilangnya tahu dan tempe di Pasar Induk Kramat Jati

Ketua Bidang Hukum Sedulur Pengrajin Tahu Indonesia (SPTI), Fajri Safii dalam keterangan tertulisnya mengatakan, aksi mogok tersebut terpaksa dilakukan mengingat harga kedelai naik hingga 35 persen.

Menurut Fajri, saat ini lonjakan harga kedelai mencapai kisaran Rp 9.000 sampai Rp 10.000. Dibandingkan bulan lalu, hanya di kisaran Rp 7.000 sampai Rp 7.500.

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021