Jakarta (ANTARA) - Apple mengungkapkan layanannya menembus rekor pendapatan pada 2020, sejalan dengan pandemi yang mengharuskan orang untuk beradaptasi dengan normal baru, mulai dari bekerja dan belajar jarak jauh, hingga perayaan ulang tahun virtual.

Senior vice president of Internet Software and Services Apple, Eddy Cue, optimistis peluang baru akan lebih terbuka pada 2021.

"Sekarang, melebihi sebelumnya, pelanggan di seluruh dunia telah menemukan inspirasi dan nilai dalam keluasan dan kualitas layanan Apple, yang telah memengaruhi kehidupan mereka secara besar dan kecil setiap hari," kata Cue dalam laman resmi Apple, dikutip Kamis.

"Kami sangat optimis tentang tujuan kami, dan kami percaya bahwa peluang bagi pengembang dan komunitas kreatif tidak terbatas, begitu pula manfaat positif dan bermakna bagi pelanggan kami," dia menambahkan.

Baca juga: Apple hapus aplikasi pesta tersembunyi Vybe Together

Baca juga: Project mobil listrik dari Apple kembali dilanjutkan


Tahun 2020 membuat aplikasi menjadi lebih penting dari sebelumnya. Pengembang menemukan cara baru untuk membuat orang tetap terhubung,  bekerja dan belajar dari rumah, tetap bugar dan sehat, serta menyediakan hiburan yang sangat dibutuhkan.

Pengembang yang menjual barang dan layanan digital -- yang hanya sebagian kecil dari keseluruhan perdagangan yang difasilitasi App Store -- telah memperoleh lebih dari 200 miliar dolar AS, tertinggi sejak App Store diluncurkan pada 2008.

Di antara aplikasi yang paling banyak diunduh tahun 2020 adalah Zoom dan Disney +, sementara "Among Us" dan "Roblox" menjadi game paling populer, demikian pula dengan 'Genshin Impact."

Tren ini tercatat berlanjut selama musim liburan, dengan pelanggan App Store membelanjakan 1,8 miliar dolar AS untuk barang dan layanan digital selama pekan Natal dan Tahun baru, yang sebagian besar didorong oleh pengeluaran untuk game.

Pelanggan App Store menyambut tahun 2021 dengan mencetak rekor pengeluaran satu hari, yakni lebih dari 540 juta dolar AS pada hari pertama di tahun baru.

Pekan ini, Apple mengatakan banyak pengembang kecil dan independen dari seluruh dunia menjadi peserta perdana dalam program baru App Store Small Business Program, yang menawarkan pengurangan komisi kepada sebagian besar pengembang untuk memberdayakan investasi ulang dalam pertumbuhan dan ekspansi mereka pada 2021 dan seterusnya.

Sementara itu, Apple Music mencetak rekor karena lebih banyak orang yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk mendengarkan musik.

Baca juga: iOS 14 dilengkapi fitur antilacak

Apple Music memiliki rekor tahun karena orang-orang di seluruh dunia menghabiskan lebih banyak waktu untuk menemukan dan terlibat dengan musik.

Layanan ini merilis pembaruan produk terbesarnya dengan fitur-fitur seperti Listen Now, all-new Search, stasiun radio pribadi, dan Putar Otomatis. Tercatat hampir 90 persen pendengar iOS 14 telah menggunakan fitur-fitur baru ini.

Apple Music menawarkan lebih dari 70 juta lagu, ribuan daftar putar yang dikurasi, dan lebih dari 25.000 episode radio eksklusif dan konten asli lainnya.

Pada 2020, aplikasi Apple TV diluncurkan di beberapa smart TV LG, Sony, dan VIZIO, serta konsol PlayStation dan Xbox, menambah jangkauannya yang luas yang sudah mencakup perangkat Apple, smart TV Samsung, Roku dan Amazon Fire TV.

Kini, Apple TV tercatat telah tersedia di lebih dari 1 miliar layar di lebih dari 100 negara dan wilayah.

Sementara, Apple TV+, sejak peluncuran globalnya pada 1 November 2019, telah menerima 159 nominasi penghargaan dan 45 kemenangan, termasuk Primetime Emmy Award, Daytime Emmy Awards, SAG Award, NAACP Image Award, Peabody Award, Critics Choice Award, Critics Choice Documentary Awards, a Los Angeles Film Critics Association Award, Cinema Eye Award dan Kidscreen Awards.

Pada 2021, Apple akan menghadirkan season kedua Apple Originals "Dickinson," "Servant," dan "For All Mankind," serta serial baru "Losing Alice," dan film yang sangat dinantikan "Palmer" dan “Cherry," dan dokumenter, "Billie Eilish: The World's A Little Blurry."

Baca juga: Google mulai berikan label privasi pada aplikasi App Store

Baca juga: Apple punya dua purwarupa desain iPhone lipat

Baca juga: Tahun baru, Apple hapus 39.000 aplikasi

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021