Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) memberikan harga khusus sebesar Rp600.000 untuk pemeriksaan Swab PCR COVID-19 bagi masyarakat umum.

Sementara itu, bagi mahasiswa UI dan pegawai RSUI harga pemeriksaan Swab PCR COVID-19 yakni Rp350.000.

Baca juga: RSUD Depok pastikan biaya tes usap mengacu peraturan pemerintah

Program ini berlangsung selama tiga hari, mulai 9Januari-11 Januari 2021 di Poli Melati, Gedung Parkir RSUI Lantai 1, Kampus UI, Depok.

Pihak RSUI dalam siaran persnya, dikutip Sabtu ini menyatakan program pemeriksaan Swab PCR ini jumlahnya terbatas sesuai kuota yang ditetapkan.

Masyarakat dapat memilih waktu pemeriksaan sesuai jadwal yakni pukul 08.00-16.00 WIB (Sabtu-Minggu, 9-10/1) dan 08.00-10.00 WIB (Senin, 11/1).

Untuk mengefisienkan waktu pemeriksaan, masyarakat diharuskan melakukan pendaftaran online pemeriksaan COVID-19 terlebih dahulu melalui tautan https://s.id/SWABSUBSIDIRSUI pada hari H-1 sebelum pemeriksaan dan wajib menunjukkan KTP saat pemanggilan nomor antrian serta mengunggah bukti pembayaran.

Nantinya hasil pemeriksaan akan dikirimkan ke email peserta maksimal pada14 Januari 2021. Pemeriksaan swab (tes swab) merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi virus corona menggunakan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR).

Dalam prosedurnya, petugas medis akan mengambil sampel lendir dari saluran pernapasan atas melalui hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian dibawa ke laboratorium dan diperiksa menggunakan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi materi genetik virus SARS-CoV-2.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pemeriksaan swab merupakan golden standard untuk pemeriksaan COVID-19 karena tingkat reliabilitas dan validitasnya yang lebih tinggi dibanding metode pemeriksaan lain.


Baca juga: DKI evaluasi harga tes usap di Jakarta

Baca juga: Anggota DPR apresiasi pemerintah tetapkan batas tertinggi swab test

Baca juga: Wisatawan ke Kota Bogor harus miliki hasil tes yang negatif

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021