Magetan (ANTARA) - Bupati Magetan Suprawoto menjalani isolasi mandiri di rumah dinas setelah kontak erat dengan sang istri Titik Sudarti Suprawoto yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Anggota Satgas COVID-19 Kabupaten Magetan Venly Tomi Nicholas, Sabtu mengatakan, Bupati Suprawoto meski menjalani isolasi mandiri, secara umum kesehatannya dalam keadaan baik.

"Bupati Suprawoto sudah melakukan tes swab yang pertama dan dinyatakan negatif. Namun Beliau tetap melakukan isolasi mandiri karena masih menunggu hasil tes swab selanjutnya," ujar Venly kepada wartawan di Magetan.

Baca juga: Pemkab Magetan isolasi anggota keluarga pasien COVID-19

Menurut dia, selain Bupati, sekpri, sopir, dan pembantu rumah tangga juga melakukan isolasi mandiri. Sedangkan sang istri Bupati, Titik Sudarti Suprawoto, saat ini menjalani perawaatan di RSUD dr Sayidiman Magetan karena menujukkan gejala demam.

"Surya Graha (pendopo) untuk sementara kami kosongkan dan disterilkan agar tidak ada kontak dengan Pak Bupati. Bapak Bupati tidak libur, namun tetap 'work from home'," kata Venly.

Baca juga: Depdagri Nonaktifkan Bupati Magetan

Petugas satgas juga melakukan penyemprotan disinfektan di rumah dinas Bupati Magetan yang berada di belakang Pendopo Surya Graha pada Sabtu siang ini. Hal itu bertujuan agar rumah dinas dalam kondisi steril.

Sementara, dalam video yang diunggah di laman resmi media sosial Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkab Magetan disebutkan Bupati Suprawoto menjalani isolasi mandiri di rumah dinas sejak Jumat (8/1/2021).

"Kepada masyarakat, khususnya masyarakat Magetan, saya sampaikan bahwa mulai hari ini 8 Januari 2021 saya isolasi mandiri, bekerja dari rumah. Mengapa, karena saya kontak dengan istri yang hari ini tadi melakukan swab dan hasilnya positif," kata Bupati Suprawoto.

Baca juga: KPU tetapkan Suprawoto-Nanik sebagai bupati-wakil bupati Magetan

Mantan Sekjen Kementerian Kominfo itu menyampaikan sang istri dinyatakan positif terkonfirmasi setelah kontak dengan saudaranya yang positif terpapar COVID-19.

Ia terus meminta warga Magetan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 3 M dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang masih masif.

"Saya terus mengingatkan warga untuk menerapkan protokol kesehatan, minimal 3 M. Yakni memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak," katanya.

Baca juga: 31 santri Temboro-Magetan reaktif sesuai hasil "rapid test"

Dalam video tersebut, bupati yang akrab disapa Kang Woto itu juga memohon doa kepada masyarakat agar keluarganya yang sakit segera diberi kesembuhan.

"Mohon doanya agar istri Saya segera sembuh dari COVID-19 dan semoga hasil swab kedua saya juga negatif. Sementara ini saya menjalani pekerjaan dari rumah," kata Bupati.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2021