Surabaya (ANTARA) - PT Pelindo III memberikan pemeriksaan rapid antigen gratis bagi calon penumpang kapal laut di Terminal Gapura Surya Nusantara - Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan target 300 penumpang guna mendukung pemerintah dalam pengendalian COVID-19, dan memberikan layanan terbaik bagi penumpang kapal.

"Hari ini pemeriksaan dilakukan bagi para calon penumpang KM Kelimutu dan sKM Ciremai. Acara ini kami selenggarakan bersama Rumah Sakit Pelindo Husada Citra (RS PHC), dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Tanjung Perak Surabaya," kata Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto di Surabaya, Minggu.

Ia mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk membantu masyarakat memenuhi ketentuan dan persyaratan dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19, sesuai Surat Edaran No 01 tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi COVID-19 dengan menunjukkan hasil rapid antigen dan atau swab PCR hasil negatif.

Baca juga: KAI tetap berlakukan tes cepat antigen untuk syarat naik KA jarak jauh

"Kami berikan secara gratis hari ini karena selain untuk pencegahan dan memenuhi persyaratan, sekaligus edukasi bagi masyarakat untuk patuh pada aturan untuk bersama-sama membantu pemerintah dalam pengendalian COVID-19," kata Edi.

CEO Pelindo III Regional Jatim, Onny Djayus, mengatakan untuk mengikuti kegiatan rapid antigen gratis para penumpang kapal laut harus melakukan pendaftaran secara daring dengan melampirkan tiket kapal dan kartu identitas.

Kemudian, Terminal Gapura Surya Nusantara akan menyediakan fasilitas pemeriksaan rapid antigen bagi para calon penumpang kapal laut.

"Secara prinsip kami siap bekerja sama dengan fasilitas laboratorium untuk menyiapkan tempat pemeriksaan rapid antigen bagi para calon penumpang kapal laut," katanya.

Onny mengimbau kepada seluruh calon penumpang di Terminal Gapura Surya Nusantara untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak demi upaya pemantauan, pengendalian dan evaluasi pencegahan dan penyebaran peningkatan penderita COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: Garuda-Pemprov Sulsel kerja sama fasilitasi tes cepat antigen gratis
Baca juga: Sebanyak 48 calon penumpang reaktif usai rapid test antigen
Baca juga: Kompolnas apresiasi Korlantas gelar cek rapid antigen di tempat wisata

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021