Verifikasi dan validasi data penerima BLT DD itu agar tidak ada penerima bantuan sosial dari pemerintah pusat yang ganda
Penajam (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyatakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai bersumber dari Dana Desa untuk meringankan beban warga kurang mampu terdampak COVID-19 di daerah itu, berlanjut pada 2021.

"Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT-DD berlanjut pada 2021 dan disalurkan selama 12 bulan," ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara Nurbayah di Penajam, Senin.

Sesuai arahan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, BLT-DD 2021 diberikan mulai Januari hingga Desember tahun ini.

Instansinya, katanya, telah meminta pemerintahan desa menganggarkan BLT-DD dengan nilai Rp300.000 untuk satu KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Baca juga: Kemendes PDTT catat penyaluran Dana Desa mencapai 99,95 persen

Namun, katanya, sebelum menyalurkan bantuan sosial tersebut, pemerintahan desa diinstruksikan untuk melakukan verifikasi dan validasi data KPM.

"Verifikasi dan validasi data penerima BLT-DD itu agar tidak ada penerima bantuan sosial dari pemerintah pusat yang ganda," ucap Nurbayah.

Data KPM BLT-DD yang tersebar di 30 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini berjumlah 2.363 kepala keluarga. Jumlah itu mengalami penurunan dari semula yang 3.464 KPM.

"Desa wajib verifikasi dan validasi data KPM supaya jangan sampai ada penerima bantuan sosial yang menerima bantuan ganda dari dinas lain," katanya.

Pada 2020, pihaknya sudah meminta pemerintah desa mengalokasikan DD untuk BLT.

"Kami juga sudah minta pada 2020 agar desa tetap alokasikan anggaran BLT-DD untuk persiapan penyaluran dilanjutkan pada 2021," katanya.

Penyaluran BLT-DD senilai Rp300.000 untuk masing-masing KPM pada 2021, katanya, harus tuntas pada akhir Desember.

Baca juga: Penyaluran BLT Dana Desa tahap lima Kabupaten Penajam capai 90 persen
Baca juga: Pandemi, penyaluran BLT Dana Desa perlu lebih tepat sasaran

 

Pewarta: Novi Abdi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021