Jakarta (ANTARA) - Sebanyak lima berita ekonomi yang disiarkan Kantor Berita Antara pada Senin (11/1/2021) masih menarik untuk dibaca kembali pada Selasa ini.


Kemenhub pastikan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 laik terbang

Kementerian Perhubungan memastikan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dinyatakan dalam kondisi laik udara sebelum terbang.

Pesawat jenis B737-500 tersebut telah memiliki Certificate of Airworthiness (Sertifikat Kelaikudaraan) yang diterbitkan oleh Kemenhub dengan masa berlaku sampai dengan 17 Desember 2021.

“Ditjen Perhubungan Udara telah melakukan pengawasan rutin sesuai dengan program pengawasan dalam rangka perpanjangan sertifikat pengoperasian pesawat (AOC) Sriwijaya Air pada bulan November 2020. Hasilnya Sriwijaya Air telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


Gubernur BI targetkan 12 juta UMKM terhubung QRIS tahun ini

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menargetkan pada tahun 2021 ini ada 12 juta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan terhubung dengan alat pembayaran QR Code Indonesian Standard (QRIS).

"Pada tahun lalu kami telah sambungkan 5,8 juta merchant secara nasional dan hampir semuanya UMKM. Mari tahun ini kita tingkatkan dua kali lipat jadi 12 juta (merchant) UMKM tersambung secara nasional dengan QRIS," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang digelar secara daring dan luring dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin.

Baca selengkapnya di sini


Mendag sebut harga kedelai masih menguat sampai Mei 2021

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebutkan bahwa harga kedelai di pasaran masih akan menguat sampai akhir Mei 2021 dan diperkirakan baru akan membaik pada Juni 2021.

Seperti diketahui, harga kedelai yang dibeli perajin tahu tempe dari para importir mengalami lonjakan. Berdasarkan data Gabungan Koperasi Tahu Tempe Indoensia (Gakoptindo), harga kedelai melonjak hingga Rp9.300-9.800 per kg, dari kisaran harga normal Rp6.000-Rp7.000 per kg.

Baca selengkapnya di sini


Survei BI: Keyakinan konsumen menguat, dekati zona optimistis

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Desember 2020 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi menguat, mendekati zona optimistis, tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang sebesar 96,5, meningkat dari 92,0 pada November 2020.

"Keyakinan konsumen terpantau menguat pada seluruh kategori tingkat pengeluaran dan tingkat pendidikan," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


Ketua BPK: Transparansi dan akuntabilitas tak boleh dikompromikan

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Agung Firman Sampurna menegaskan transparansi dan akuntabilitas merupakan dua komponen utama dalam tata kelola yang tidak boleh dikompromikan bahkan selama krisis.

Agung menyatakan seluruh pemangku kepentingan harus menanamkan nilai tata kelola yang baik yaitu mengutamakan transparansi dan akuntabilitas saat menangani masalah kritisnya.

“BPK menyadari kondisi tersebut dan oleh karena itu sedang melakukan audit komprehensif berbasis risiko,” kata Ketua BPK itu dalam Webinar Internasional Ensuring Transparency and Accountability in Covid-19 Pandemic: a Multi-Stakeholder Approach/Perspective di Jakarta, Senin

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021