Jakarta (ANTARA) - Pandemi mendorong terciptanya tren baru di masyarakat, mulai dari kecantikan hingga fesyen. Karena lebih banyak beraktivitas di rumah, masyarakat termotivasi untuk tampil menarik dengan merawat diri menggunakan berbagai produk kecantikan serta berpakaian santai.
 
"Terlihat dari data peningkatan transaksi kategori Kecantikan di Tokopedia selama kuartal keempat 2020 yang mencapai hampir dua kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya," kata Beauty, Health and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia, Jessica Gunawan dalam siaran pers di Jakarta pada Selasa.

Tokopedia mengungkapkan beberapa tren kecantikan dan fesyen yang akan populer di 2021:

1. Skincare Lokal Semakin Digemari
Berbagai produk skincare lokal diprediksi akan semakin merajai industri skincare Indonesia. Terlihat dari serum wajah, krim dan pembersih wajah yang menjadi produk paling diburu di Tokopedia belakangan ini.

Ririe Prameswari (@ririeprams), Beauty Vlogger Indonesia, mengungkapkan, "Kini semakin banyak merek skincare lokal yang menawarkan berbagai produk perawatan wajah dengan kualitas yang tidak kalah saing dengan produk luar."

Baca juga: Enam kandungan "skincare" yang akan jadi tren di 2021

Baca juga: Mengenal bakuchiol, calon bintang "skincare" di 2021


Menurut Ririe, ada beberapa produk yang wajib dimiliki tahun ini. Di antaranya adalah cleansing balm, serum wajah dan sunscreen.

"Selain itu, produk skincare berbahan alami untuk mengatasi jerawat, melembabkan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan juga akan semakin diminati pada 2021," tambah Ririe.

2. Tren Makeup Colorful
Tampilan makeup yang diprediksi akan tetap menjadi tren adalah flawless complexion. "Tampilan makeup yang nyaris sempurna ini menekankan pada teknik blending complexion serta pemilihan warna tegas pada eyeshadow dan lipstik," kata Ririe.

Pemilihan warna-warna berani seperti oranye dan merah pada riasan mata yang memberikan kesan segar pada tampilan sehari-hari, diprediksi menjadi tren 2021. Ririe juga mengungkapkan tampilan bibir yang glossy akan semakin diminati karena membuat kesan yang lebih segar.

3. Fesyen Casual tetap Diminati
Menurut Ririe, tren fesyen tahun ini masih tetap mengangkat gaya casual yang mengutamakan kenyamanan.

"Pakaian yang nyaman seperti piyama atau celana pendek bermotif tie dye tetap akan populer. Pakaian oversized dengan warna-warna cerah juga diprediksi akan tetap menjadi tren di tahun ini," kata Ririe.

Masker kain di sisi lain tetap menjadi salah satu produk fesyen yang wajib dimiliki tahun ini. "Kini sudah banyak kreator lokal yang membuat masker kain dengan beragam model, paduan warna dan motif menarik sehingga dapat disesuaikan dengan gaya yang ingin ditampilkan," lanjut Ririe.

Masker batik contohnya, dimana penjualannya di Tokopedia mengalami lonjakan signifikan hingga lebih dari 10 kali lipat selama pandemi 2020 jika dibandingkan dengan periode awal pandemi.

4. Tren Aksesori
Menurut Ririe, pilihan aksesoris yang akan hits selama 2021, termasuk anting, kalung bertumpuk, bucket hat hingga hiasan masker seperti filter, rantai dan ikatan simpul. Aksesoris ini juga bisa membuat tampilan sehari-hari lebih menarik.

Baca juga: Inspirasi di rumah tetap gaya selama pandemi

Baca juga: Awas, bakteri bisa bersemayam di make-up dan alat rias selama pandemi

Baca juga: Ragam keunikan dan tren riasan era 2010-an hingga 2020

 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021