Gubernur menyinggung penambahan rute penerbangan langsung Denpasar – Tokyo guna memudahkan kunjungan warga Negeri Sakura tersebut ke Bali.
Denpasar (ANTARA) - Gubernur Bali Wayan Koster mengharapkan hubungan kerja sama yang baik antara Jepang dengan Indonesia dan Bali khususnya tetap terjaga bahkan meningkat pada masa-masa mendatang.

"Saya harapkan ke depannya bisa ditingkatkan lagi, karena secara budaya, Jepang dan Bali ada kemiripan dan masyarakat Jepang pun sangat menghargai budaya yang ada di Bali," kata Koster saat menerima kunjungan Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar Katsumata Harumi di Rumah Jabatan Jayasabha, Denpasar, Selasa.

Selama ini jalinan kerja sama sangat baik kedua negara di antaranya terkait bidang pariwisata, ekonomi, pendidikan dan lainnya.

Gubernur kelahiran Desa Sembiran, Buleleng itu juga menyebut potensi kerja sama lain yang dapat dikembangkan kedua belah pihak yakni menyangkut penyediaan energi bersih berkelanjutan serta teknologi transportasi ramah lingkungan.

"Bali kini sangat berkepentingan dengan pengembangan energi bersih yang berkelanjutan serta transportasi ramah lingkungan melalui penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai. Jepang kita ketahui sangat maju di bidang tersebut," ucapnya.

Sedangkan menyangkut penanganan pandemi COVID-19, Gubernur Koster menjelaskan bahwa Bali sangat konsen dalam penanganan dan pengendalian COVID-19 dengan melakukan pengetatan protokol kesehatan.

"Angka-angka (penanganan,red) kita terus membaik. Pencapaiannya sangat baik dibandingkan daerah lain di Indonesia. Kasus baru cukup terkendali, tingkat kesembuhan di atas 90 persen yang merupakan tertinggi di Indonesia dan tingkat kematian sangat rendah," ujarnya.

Gubernur Bali lulusan ITB Bandung ini mengatakan keberhasilan pengendalian tersebut tak lepas pelibatan seluruh sektor dan pihak berkepentingan di Bali.

"Di Bali sejauh ini masyarakatnya sangat tertib. Kita juga terapkan nilai-nilai kearifan lokal, melibatkan desa adat dalam bagian pengendalian dan penanganan COVID-19. Hal ini bahkan mendapat pujian dari Bapak Presiden karena hasilnya cukup baik," katanya.

Mantan anggota DPR RI tiga periode pun menyinggung soal rencana ke depannya terkait penambahan rute penerbangan langsung Denpasar – Tokyo guna memudahkan lagi kunjungan warga Negeri Sakura tersebut ke Bali.

"Saya sudah diskusi dengan Duta Besar Jepang dan pihak Garuda (Garuda Indonesia-red) dan semoga bisa terlaksana setelah kita selesaikan masalah pandemi COVID-19 ini," ujarnya.

Sementara itu, Konjen Harumi yang sekaligus hadir memperkenalkan diri sebagai konjen yang baru, mengaku sangat terkesan dengan pola penanganan dan pengendalian COVID-19 di Bali, yang menurutnya sangat baik.

"Inisiatif yang dilaksanakan Bapak Gubernur sangat membantu mencegah penyebaran COVID-19 secara masif. Dan saya pastikan warga kami yang masih 'stay' di Bali akan dengan tertib menjalankan peraturan serta imbauan yang dikeluarkan Pemprov Bali. Keselamatan adalah prioritas kami," ujar Konjen Harumi.

Mantan Duta Besar Jepang untuk Vanuatu ini juga akan memastikan Bali tetap jadi salah satu tujuan wisata utama bagi warga Jepang yang akan berlibur.

"Bali kaya dengan budaya dan seni, alamnya juga sangat indah. Banyak sekali warga Jepang yang sangat cinta dengan Bali, dan saya akan lakukan hal terbaik untuk membantu memulihkan Bali nantinya," katanya.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021