Jakarta (ANTARA) - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membukukan hasil yang gemilang sepanjang 2020, berkat kendaraan yang diproduksi secara lokal yang berkontribusi lebih dari 90 persen dari seluruh total penjualan PT SIS.

Meski situasi yang tidak begitu baik bagi industri otomotif Indonesia bahkan juga dunia, setidaknya PT SIS berhasil meraih rapot baik dari Januari-Desember 2020 dengan raihan wholesales 65,9 persen dan retail sales 70,4 persen jika dibandingkan dengan performa periode yang sama tahun 2019.

Baca juga: Pasar mobil diperkirakan tetap tumbuh, kuartal I bakal lebih baik

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS mengatakan bahwa tahun 2020 adalah tahun yang berat untuk industri otomotif. Namun kami berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal serta melakukan adaptasi operasional diler selama saat pandemi dengan Suzuki Hygiene Commitment.

"Kontribusi produk lokal Suzuki tahun 2020 sebesar 91,1 persen untuk wholesales dan 90,6 persen untuk retail sales. Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri," kata Donny Saputra dalam keterangan resmi, Kamis.

Dalam hal ini, kontribusi terbesar dari kendaraan yang diproduksi lokal adalah New Carry Pick Up dan XL7. Sepanjang 2020, wholesales New Carry Pick Up berkontribusi sebesar 57,6 persen sementara retail sales-nya berkontribusi 57,9 persen terhadap penjualan nasional Suzuki.

Sementara, pada varian kendaraan penumpang yang menjadi kontribusi terbesar adalah Suzuki XL7 yang menyumbang raihan sebesar 14,9 persen untuk wholesales dan 11,8 persen untuk retail sales.

Sampai saat ini, Suzuki XL7 menjadi salah satu backbone penjualan Suzuki beriringan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4 persen pada wholesales dan 13,3 persen pada retail sales.

Selain New Carry Pick Up, XL7, dan All New Ertiga, produk lainnya yaitu APV dan Karimun Wagon R juga merupakan produk buatan lokal yang berkontribusi pada penjualan Suzuki baik di dalam negeri maupun pasar ekspor.


Baca juga: Mobil listrik bantu Volvo pulih dari dampak pandemi

Baca juga: Mobil listrik Mercedes-Benz laris, 160.000 terjual 2020

Baca juga: Toyota masih pimpin pasar, kuasai 31,9 persen penjualan mobil nasional

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021