Kami ingatkan calon mahasiswa untuk tidak melewati tenggat yang sudah ditentukan
Jakarta (ANTARA) - Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) mengingatkan calon mahasiswa bahwa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2021 paling lambat pada 19 Maret 2021.

“Pendaftaran SNMPN 2021 pada 11 Januari hingga 19 Maret 202. Kami ingatkan calon mahasiswa untuk tidak melewati tenggat yang sudah ditentukan,” ujar Ketua FDPNI, Zainal Arief, dalam sosialisasi daring yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Untuk mengikuti SNMPN, sekolah harus terlebih dahulu melakukan pengisian data yang berlangsung pada 11 Januari hingga 12 Maret 2021.

Baca juga: FDPNI: Politeknik siap buka akses pendidikan vokasi bagi masyarakat

Tahapan selanjutnya adalah verifikasi berkas SNMPN 2021 pada 18 Januari hingga 26 Maret 2021. Pengumuman SNMPN 2021 pada 6 April 2021.

Zainal menambahkan SNMPN merupakan seleksi masuk politeknik negeri khusus untuk jenjang D3. SNPMN diikuti 44 politeknik negeri di Tanah Air.

SNMPN merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Setelah SNMPN, juga diselenggarakan SBMPN yakni seleksi tertulis yang diselenggarakan oleh politeknik negeri.

Baca juga: Ketua FDPNI: Ada lima jalur seleksi masuk politeknik negeri

Selain itu, seleksi politeknik khusus untuk jenjang D4 atau sarjana terapan diselenggarakan bersama dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Untuk SNMPN hanya diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK sederajat yang lulus pada 2021. Sementara bagi lulusan 2020 atau 2019 dapat mengikuti SBMPN,” terang dia.

Zainal mengingatkan calon mahasiswa untuk memilih jenjang pendidikan dan kampus yang sesuai dengan minat dan bakat. Informasi lebih lanjut dapat mengakses informasi yang tertera pada laman LTMPT dan Pusat Informasi Politeknik Negeri Se-Indonesia melalui laman http://politeknik.or.id/.

Baca juga: Pendaftaran seleksi masuk politeknik negeri tahun 2021 dibuka

 

 

Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021