BNPB serahkan bantuan Rp4 miliar bagi daerah yang dilanda gempa

id BNPB,Gempa bumi,Gempa Sulawesi Barat,Gempa Majene

BNPB serahkan bantuan Rp4 miliar bagi daerah yang dilanda gempa

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (kanan) dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (dua kiri) berangkat ke Mamuju, Sulawesi Barat untuk mengunjungi lokasi gempa, Jumat (15/1/2021). ANTARA/HO-Pusdatinkom BNPB/aa.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo menyerahkan bantuan awal sebesar Rp4 miliar bagi daerah yang dilanda gempa.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, Doni menjelaskan bantuan sebesar Rp4 miliar tersebut terdiri dari Rp2 miliar untuk provinsi Sulawesi Barat, dan masing-masing Rp1 miliar untuk Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene.

Kepala BNPB juga meninjau lokasi terdampak gempa di Kecamatan Malunda dan Ulumanda, Kabupaten Majene. Turut mendampingi dalam penerbangan helikopter sekitar 17 menit dari Mamuju ke Majene yakni Deputy Darurat BNPB Dody Ruswandi dan Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah.

Baca juga: BNPB imbau masyarakat tetap waspada kemungkinan gempa susulan Sulbar

Gempa Sulawesi Barat terjadi dua hari yakni pada 14 Januari hingga 15 Januari 2021.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki magnitudo 6,2 dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,98 LS dan 118,94 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km arah Timur Laut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km.

Baca juga: BNPB: 21.990 jiwa terdampak banjir di Kalsel
Baca juga: Lantamal VI kembali kirim KAL angkut bantuan logistik ke Sulbar
Baca juga: BMKG sebut terjadi 32 aktivitas gempa susulan di Sulawesi Barat


Pewarta : Indriani
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar