Jakarta (ANTARA) - Apple menawarkan berbagai layanan berlangganan, termasuk Apple Fitness+ yang baru saja diluncurkan dan saingan Spotify, Apple Music.

Namun, tampaknya produk lain akan bergabung dalam jajaran layanan Apple yang terus berkembang.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu, Apple dilaporkan sedang mendiskusikan peluncuran "layanan langganan baru yang akan mengenakan biaya pada orang yang mendengarkan podcast."

Baca juga: Apple punya dua purwarupa desain iPhone lipat

Baca juga: Apple - Hyundai bahas mobil listrik & baterai, berpeluang kerja sama?


Tetapi  belum jelas kapan Apple akan meluncurkan layanan baru tersebut.

Platform ini akan menagih pelanggan untuk "podcast individu." Saat ini kebanyakan platform menetapkan biaya untuk akses ke semua konten premium, sehingga strategi ini bisa menjadi cara Apple untuk membedakan dirinya dari platform yang lain.

Langkah ini juga dapat membuka jalan pendapatan tambahan bagi podcaster, dan memberi mereka lebih banyak alasan untuk memilih Apple Podcast daripada platform saingannya, seperti Amazon dan Spotify.

Meskipun masih tidak ada jaminan Apple akan melanjutkan layanan ini, laporan sebelumnya menunjukkan bahwa setidaknya beberapa konten asli, kemungkinan terdiri dari podcast premium mungkin akan dikenal dengan nama "Apple Podcast+" saat diluncurkan. Layanan tersebut juga bisa ditambahkan ke bundel Apple One.

Baca juga: Manfaat olahraga saat menstruasi hingga daftar mobil 2020 terlaris

Baca juga: Apple buat prototipe iPhone lipat?

Baca juga: Apple bakal luncurkan iPhone SE generasi tiga dan Airpods Pro 2 April

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021