Mimika (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Pengamanan Raerah Rawan Yonif 756/WMS di bawah Komando Pelaksana Operasi Korem 174/ATW melaksanakan kegiatan bakti sosial pemberian layanan pengobatan keliling untuk warga pedalaman di Kampung Jila, Distrik Agimuga, Kabupaten Mimika, Papua.

Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea dalam keterangan tertulis diterima ANTARA, Senin, mengatakan kegiatan pengobatan keliling dilakukan Pos Jila merupakan perintahnya yang disampaikan dari awal kepada seluruh personel Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS, sejak di "home base" hingga masuk menempati pos masing-masing.

"Di mana pun kami bertugas selalu menganggap masyarakat yang ada di sekitar pos seperti saudara kami sendiri. Oleh karena itu sudah merupakan suatu kewajiban untuk selalu melayani masyarakat dengan hati yang tulus dan selalu siap membantu setiap kesulitan yang dirasakan masyarakat di sekitar pos yang membutuhkan bantuan khususnya bidang kesehatan maupun masalah lainnya," kata Dansatgas.

Baca juga: Satgas Yonif MR 413 beri layanan kesehatan gratis warga di perbatasan

Ia mengatakan kegiatan pengobatan keliling akan menjadi kegiatan rutin yang terus dilakukan pada masyarakat di sekitar pos.

Hal itu, menurut dia, bertujuan untuk memelihara dan menjamin kesehatan masyarakat, karena masalah kesehatan harus benar-benar diperhatikan dan tidak boleh dianggap sepele.

"Kegiatan pengobatan keliling merupakan suatu program yang rutin dilaksanakan, dan program tersebut akan dilakukan secara terus menerus mulai dari awal penugasan sampai nanti saat selesai penugasan. Ya, kesehatan menjadi kebutuhan pokok masyarakat sehingga akan dilakukan secara maksimal," kata Mayor Marolop.

Baca juga: Satgas Yonif 413 Kostrad cegah penyakit kaki gajah di perbatasan

Sementara itu, bintara kesehatan Pos Jila Serda Roger mengatakan, untuk pelayanan kesehatan keliling di Kampung Jila melibatkan lima personel melakukan pengobatan masyarakat yang sakit.

"Namun kegiatan tersebut juga dimanfaatkan untuk memberikan imbauan pada masyarakat agar mengutamakan pola hidup sehat sehingga dapat terhindar dari segala macam penyakit," katanya.

Satgas Yonif 756/WMS juga mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kesehatan diri masing masing agar dapat terhindar dari segala macam penyakit terutama COVID-19.

Baca juga: Satgas Yonif 516/CY ajari warga di perbatasan RI-Nugini ilmu pertanian

"Patuhi dan taati prosedur tentang protokol kesehatan sehingga bahaya dari penularan dan penyebaran COVID-19 dapat kita hindari," kata Roger.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2021