Pakar sayangkan banyak pejabat tidak benar pakai masker

id Pandemi COVID-19, protokol kesehatan,pakai masker,ingatpesanibu,ingat pesan ibu,satgascovid19

Pakar sayangkan banyak pejabat tidak benar pakai masker

Pakar kesehatan sekaligus Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Prof Dr Cissy Kartasamita. (ANTARA/Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Pakar kesehatan yang juga Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Prof Dr Cissy Kartasamita menyayangkan hingga saat ini masih banyak pejabat yang keliru atau tidak benar dalam memakai masker, bahkan membukanya saat berkomunikasi dengan orang lain.

"Kita sebagai orang yang akan dilihat oleh orang banyak, apalagi kalau Anda diwawancara, pakailah masker, dan yang diajak bicara juga harus pakai masker," kata dia saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Menurut Ketua Kelompok Kerja Imunisasi Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (Peraluni) tersebut, kebiasaan menerapkan protokol kesehatan seharusnya sudah mendarah daging bagi masyarakat.

Dimana pun dan kapan pun seseorang berada, katanya, tetap wajib patuh dengan protokol kesehatan sebab hingga kini pandemi COVID-19 belum berakhir.

Bahkan, menurut dia, salah satu dari 5M, yakni mengurangi mobilitas, tampaknya belum begitu direspons dengan baik oleh masyarakat.

"Masih saja nongkrong di kafe. Apalagi kalau itu dilakukan publik figur atau pejabat, maka sudah mencoreng atau kepercayaan masyarakat bisa luntur padanya," katanya.

Baca juga: Jubir: Presiden imbau rakyat selalu pakai masker

Secara pribadi, ia mengaku melihat langsung mobilisasi massa yang cukup besar ketika libur, beberapa waktu lalu di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Wakapolri minta masyarakat selalu pakai masker cegah COVID-19

"Saya melihat langsung mobil pelat B, dari Surabaya dan dari Jawa Tengah ketika libur, luar biasa ramai di Bandung," katanya.

Baca juga: Kemenkes anjurkan cara pakai dan cuci masker kain yang benar

Menurut dia, belum optimalnya masyarakat menerapkan protokol kesehatan harus tetap didorong. Hal itu bisa dilakukan dengan edukasi terkait pentingnya melindungi diri dari penyebaran virus.

#satgascovid19 #jagajarak #pakaimasker #cucitanganpakaisabun #ingatpesanibupakaimasker

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar