Kami memiliki tugas besar dalam memulihkan, merevitalisasi hubungan itu
Washington (ANTARA) -
Kandidat menteri luar negeri Amerika Serikat untuk pemerintahan Joe Biden, Antony Blinken, mengatakan pada hari Selasa bahwa dia akan bekerja untuk merevitalisasi diplomasi Amerika yang rusak dan membangun front persatuan untuk melawan tantangan yang ditimbulkan oleh Rusia, China dan Iran.

Blinken mengatakan dia akan bekerja dengan sekutu dan dengan kerendahan hati.

"Kami memiliki tugas besar dalam memulihkan, merevitalisasi hubungan itu. Saya pikir itu dimulai," kata Blinken. "Beberapa sekutu dan mitra kami mempertanyakan keberlanjutan komitmen kami berdasarkan beberapa tahun terakhir dan itu akan menjadi sulit untuk diraih."

Blinken, 58, orang kepercayaan dekat Biden, juga menjelaskan mengapa kepemimpinan AS sangat penting bagi dunia, sambil menjanjikan kebijakan luar negeri yang akan diterapkan untuk orang Amerika.

"Jika kami ingin mendapat dukungan mereka untuk kepemimpinan Amerika, keterlibatan Amerika di dunia, kami harus menunjukkan bahwa itu benar-benar membuat perbaikan dalam hidup mereka atau mencegah sesuatu," katanya.

Blinken bersaksi di Kongres dua minggu setelah gedung yang mewakili demokrasi Amerika diserbu oleh ribuan anggota massa pro-Trump yang berusaha untuk menggulingkan kemenangan Biden. Serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Capitol AS mengejutkan dunia, semakin merusak posisi Amerika dan memberikan amunisi kepada musuh AS.

Sadar akan kerusakannya, Blinken menekankan kerendahan hati dan mengatakan ada kebutuhan untuk memperkuat demokrasi AS di dalam negeri. "Kerendahan hati karena kita memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan di rumah untuk meningkatkan posisi kita di luar negeri," katanya.

Tantangan China

Biden akan menghadapi dunia yang jauh berbeda dari dunia yang dia tinggalkan empat tahun lalu sebagai wakil presiden Presiden Barack Obama.

China telah mengambil peran global yang lebih besar, mulai dari lembaga multilateral hingga membantu pembangunan di Afrika dan Amerika Latin. Hubungan antara Washington dan Beijing telah tenggelam ke yang terburuk dalam beberapa dekade.

Blinken mengatakan "tidak diragukan lagi" China merupakan tantangan paling signifikan bagi Amerika Serikat di negara mana pun.

Dia mengatakan dia yakin Trump benar dalam mengambil pendekatan yang lebih keras ke China - bahkan jika dia tidak setuju dengan semua metodenya - dan mendukung penilaian pemerintahan Trump pada hari Selasa bahwa Partai Komunis China telah melakukan genosida terhadap Muslim Uighur di Xinjiang.

Dia mengatakan bahwa pemerintahan Biden bermaksud untuk meninjau pendekatan dan kebijakan AS terhadap Korea Utara dan berkonsultasi erat dengan sekutu tentang bagaimana membawa Pyongyang kembali ke negosiasi yang bertujuan untuk menghentikan program rudal nuklir dan balistiknya.

Sumber : Reuters

Baca juga: Blinken: AS berencana tinjau penuh pendekatan ke Korea Utara

Baca juga: Blinken: Biden akan akui Guaido sebagai pemimpin Venezuela


 

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021