Wali Kota Jakbar pastikan penumpang Terminal Kalideres taati prokes

id protokol kesehatan, terminal kalideres, wali kota jakarta barat uus kuswanto

Wali Kota Jakbar pastikan penumpang Terminal Kalideres taati prokes

Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto memantau fasilitas tes cepat antigen dalam rangka perketatan protokol kesehatan di Terminal Kalideres Jakarta Barat, Rabu (20/1/2021). (Antara/Devi Nindy)

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto memastikan penumpang dan perangkat yang ada di Terminal Kalideres menaati protokol kesehatan selama pengetatan PSBB di DKI Jakarta.

"Saya sudah mengecek bagaimana alur penumpang keluar masuk Jakarta,  kapasitas bus,  juga sejumlah fasilitas pendukung protokol kesehatan di lokasi itu semua berjalan baik," kata Uus di Jakarta, Rabu, saat menyampaikan hasil evaluasinya terhadap Terminal Kalideres selama pelaksanaan pengetatan PSBB di DKI Jakarta.

Baca juga: Terminal Kalideres sedia posko tes usap antigen gratis dukung PPKM

Uus menilai Terminal Kalideres sudah melaksanakan kegiatan pembatasan di luar kegiatan rumah.

"Jadi kegiatan ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa dalam kegiatan apapun termasuk pada saat akan bepergian ke luar kota maupun di dalam kota terkait masalah protokol kesehatan (prokes) menjadi kunci untuk kita perhatikan," ujar Uus.

Pelaksanaan tes cepat antigen di Terminal Kalideres bertujuan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan memastikan penumpang aman berkendara dari lokasi terminal hingga kota tujuan.

Baca juga: 612 penumpang tiba di Terminal Kalideres saat puncak arus balik

Tes cepat antigen menyasar pada penumpang yang keluar masuk Jakarta yang dicurigai memiliki gejala COVID-19.

Orang-orang yang berada di ruang tunggu penumpang, penjualan loket, atau di "pool bus" tidak luput dari pemeriksaan petugas.

"Dengan melakukan tes cepat antigen, saat ini Terminal Kalideres sudah melakukan upaya untuk meminimalisir terjadinya penularan, atau memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di area umum," kata Uus.

Baca juga: "CCTV No Blind Spot" bantu ungkap maling motor di Kalideres

Sementara itu Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen mengatakan bahwa rapid test antigen gratis sudah dilakukan pihaknya secara acak sejak 11 Januari 2021.

"Kami sudah lakukan rapid test antigen gratis secara acak sejak awal PPKM diterapkan. Sampai 20 Januari 2020 ini sudah 211 calon penumpang jalani tes," ujar dia.

 

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar