Menteri Venezuela dan Dubes RI bahas peningkatan kerja sama pariwisata

id Indonesia Venezuela,pariwisata Indonesia Venezuela,kerja sama pariwisata,KBRI caracas

Menteri Venezuela dan Dubes RI bahas peningkatan kerja sama pariwisata

Duta Besar RI untuk Venezuela Imam Edy Mulyono (kiri) bertemu dengan Menteri Pariwisata Venezuela Alí Padrón Paredes (kanan) pada Senin (19/1/2021) di Caracas, Venezuela untuk membahas upaya peningkatan kerja sama kedua negara di bidang pariwisata. ANTARA/HO-KBRI Caracas/am.

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Venezuela Imam Edy Mulyono bertemu dengan Menteri Pariwisata Venezuela Alí Padrón Paredes untuk membahas upaya peningkatan kerja sama kedua negara di bidang pariwisata.

Pertemuan antara Dubes RI dan Menteri Pariwisata Venezuela itu berlangsung pada Selasa (19/1) di Caracas, Venezuela, demikian menurut keterangan tertulis KBRI Caracas yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI dan Menteri Pariwisata Venezuela melakukan penjajakan kerja sama terkait wisata medis (medical tourism) serta wisata olahraga (sport tourism).

Pembahasan kedua jenis wisata itu dilakukan mengingat adanya kesamaan karakteristik antara kedua negara sebagai negara tropis, serta berkembangnya berbagai fasilitas olahraga yang telah dimiliki Indonesia, seperti sirkuit Moto GP serta kesuksesan Indonesia dalam penyelenggaraan Asian Games pada 2018.

Menteri Pariwisata Venezuela menyampaikan ketertarikan untuk mengunjungi Indonesia.

"Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sektor pariwisata terdepan, oleh karena itu, saya berminat untuk melakukan kunjungan ke Indonesia untuk berpartisipasi pada pameran pariwisata di Indonesia serta melakukan kerja sama lebih lanjut dengan Kementerian Pariwisata di Indonesia," ujar Paredes.

"Saya juga berharap Indonesia dapat turut berpartisipasi pada pameran-pameran pariwisata yang diadakan di Venezuela," lanjutnya.

Dubes Imam pun menyambut baik rencana tersebut. "Selama ini telah terjalin kerja sama yang baik antara Pemerintah Indonesia dengan Venezuela, termasuk melalui promosi Wonderful Indonesia pada berbagai fasilitas umum di Venezuela," katanya.

"Oleh karena itu, tentu kami sambut dengan baik rencana kunjungan Menteri Pariwisata Venezuela ke Indonesia, sebagai salah satu upaya peningkatan kerja sama antar kedua negara di bidang pariwisata," ujar Dubes Imam.

Rencana kunjungan menteri pariwisata Venezuela itu diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan pembuatan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Kementerian Pariwisata kedua negara, yang mana pembuatannya masih dalam tahap penjajakan.

Hubungan bilateral antara Indonesia dan Venezuela telah berlangsung sejak 61 tahun lalu, di mana selama ini kerja sama kedua negara terkait sektor pariwisata telah terjalin dengan erat, di antaranya melalui promosi Wonderful Indonesia di berbagai fasilitas publik di Venezuela.

Baca juga: Pejabat tinggi Venezuela hadiri BDF pertama kalinya
Baca juga: Wapres tiba di Venezuela pimpin delegasi GNB Indonesia
Baca juga: Dubes: Barter bisa tingkatkan perdagangan Indonesia-Venezuela

Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar