Pesawat Hercules angkut bantuan kemanusiaan Sultra ke Sulbar

id hercules

Pesawat Hercules angkut bantuan kemanusiaan Sultra ke Sulbar

Gubernur Ali Mazi (tengah) saat menyerahkan bantuan sekaligus melepas secara resmi bantuan kemanusiaan untuk warga korban gempa bumi di Mamuju dan Majene Sulbar di Bandara Haluoleo Kendari yang diangkut Pesawat Hercules milik TNI-AU, Senin. (ANTARA/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara, memuat bantuan kemanusiaan dari pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk masyarakat korban gempa bumi di Mamuju dan Majene Sulawesi Barat (Sulbar).

Gubernur Sultra Ali Mazi saat melepas secara resmi bantuan kemanusiaan sebanyak 18 ton di Bandara Haluoleo Kendari disaksikan sejumlah pejabat Forkopimda Sultra serta unsur pejabat TNI/Polri, Senin.

"Bantuan kemanusiaan ini merupakan hasil yang dikumpul dari masyarakat Sulawesi Tenggara baik secara perorangan, melalui organisasi perangkat daerah (OPD) TNI/Polri, maupun dari pihak yayasan dan organisasi kemasyarakatan lainnya yang secara sukarela membawa ke posko pengumpulan bantuan yang telah ditentukan," ujarnya.

Berbagai jenis bantuan kebutuhan pokok itu mulai dari beras, makanan cepat saji hingga pakaian dan kebutuhan sekunder lainnya untuk korban gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

Baca juga: Satgas Majene kawal ketat pengiriman bantuan gempa Sulbar

Baca juga: Kasau kirim bantuan untuk korban bencana di Kalsel dan Sulbar
Pesawat Hercules milik TNI-AU di Bandara Haluoleo Kendari yang siapa mengangkut bantuan kemanusian dari Pemerintah dan masyarakat Sulawesi Tenggara untuk warga korban gempa bumi di Mamuju dan Majene Sulawesi Barat. Senin. (Foto ANTARA/Azis Senong)


Gubernur Ali Mazi mengatakan bantuan yang dikirim melalui pesawat Hercules itu diharapkan tiba dengan selamat, dan secepatnya bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang terdampak gempa bumi umu

"Kami harapkan TNI-AU tidak hanya hari ini mengangkut bantuan ke Sulbar, tetapi pada hari-hari lain masih bisa mengangkut lagi, sebab masih banyak bantuan yang dihimpun dari masyarakat Sultra yang belum terkirim, meskipun lebih awal telah dikirim melalui jalur darat," kata Ali Mazi.

Ia mengatakan kehadiran pesawat Hercules tersebut bisa lebih cepat tiba di lokasi bencana.

Sebelumnya, pada Ahad (24/1), Gubernur Sultra melepas relawan peduli korban bencana Sulawesi Barat yang membawa kebutuhan sembako dan logistik dengan menempuh jalur darat menuju Mamuju, Majene, Polewali Mandar dan Majene Tengah, Sulbar.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada pihak TNI-AU dan seluruh relawan, atas kepeduliannya terhadap korban gempa Sulawesi Barat. Semoga semua kebaikan ini mendapat pahala dan ridho dari Allah SWT,” ungkap Gubernur Ali Mazi.*

Baca juga: Bantuan bencana gempa di Sulbar dipastikan terdistribusi merata

Baca juga: Gubernur Sulbar: Penyintas gempa jangan terlena dengan bantuan

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar