Swedia tunda pembayaran vaksin COVID-19 buatan Pfizer

id vaksin COVID-19 Pfizer,vaksinasi di Swedia

Swedia tunda pembayaran vaksin COVID-19 buatan Pfizer

Perssiapan dekorasi panggung sebelum pengumuman pemenang Nobel di Golden Hall of Stockholm, Swedia (10/12/2020). Karena pandemi penyakit virus corona (COVID-19), upacara penghargaan digital berlangsung di Balai Kota Stockholm tanpa ada pemenang, dan sebagian dari upacara sudah diproduksi sebelumnya. ANTARA/REUTERS/TT News Agency/Fredrik Sandberg/aa. (via REUTERS/TT NEWS AGENCY)

Stockholm (ANTARA) - Badan Kesehatan Swedia menunda pembayaran vaksin COVID-19 buatan Pfizer Inc karena masih menunggu klarifikasi dari pembuat vaksin mengenai jumlah dosis yang tersedia pada tiap tabungnya, demikian laporan Dagens Nyheter, koran setempat yang terbit Selasa.

Pfizer membuat tagihan untuk enam dosis tiap tabung vaksin untuk Swedia, sementara kontrak pembelian menyebutkan negara itu akan membayar lima dosis vaksin per tabung.

Swedia berharap Komisi Eropa dan Pfizer dapat menyepakati jumlah dosis yang akan dikirim per vial atau tabungnya.

"Sampai ada kejelasan, kami telah memberi tahu perusahaan kita harus menunggu informasi yang jelas dan sesuai dengan tagihan," kata Kepala Epidemiolog Badan Kesehatan Swedia, Anders Tegnell, sebagaimana dikutip oleh Dagens Nyheter.

Kantor perwakilan Pfizer di Swedia menolak menanggapi pertanyaan terkait masalah tersebut. Namun, pihak perusahaan memastikan ada enam dosis per tabungnya.

EU dan Pfizer semula sepakat tiap tabung akan berisi lima dosis vaksin. Namun kemudian, ada dosis keenam yang dapat diambil menggunakan jarum suntik khusus.

"Ini tidak dapat diterima. Jika satu negara hanya mampu mengeluarkan lima dosis vaksin, mereka mendapatkan dosis yang lebih sedikit untuk harga yang sama (untuk enam dosis, red)," kata Koordinator Vaksin Swedia, Richard Bergstrom saat diwawancarai media tersebut.

Juru bicara Badan Kesehatan Swedia mengatakan ia tidak dapat menanggapi pertanyaan terkait isi berita tersebut.

Badan kesehatan mengurusi tagihan pembayaran vaksin COVID-19 Swedia.

Pfizer Inc, perusahaan farmasi multinasional asal Amerika Serikat, mengembangkan vaksin COVID-19 bersama perusahaan bioteknologi asal Jerman, BioNTech. Vaksin COVID-19 Pfizer, yang diberi nama BNT162b2, telah mengantongi izin pakai darurat di 55 negara, di antaranya Argentina, Australia, Austria, Amerika Serikat, Inggris, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Filipina, Qatar, Portugal, Meksiko, Irak, Israel, Italia, Kuwait, dan Kolombia.

Vaksin COVID-19 itu masih menempuh uji klinis tahap terakhir di Argentina, Brazil, Jerman, Afrika Selatan, Turki, dan Amerika Serikat.
Baca juga: Pfizer akan mulai program percontohan imunisasi COVID-19 di AS
Baca juga: Peluang kerja sama RI-Swedia soal vaksin COVID terbuka luas


Sumber: Reuters

Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Suharto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar