Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengingatkan sudah waktunya masyarakat berlaku semakin dewasa dalam mencerna setiap informasi yang berkembang di masyarakat.

Apalagi, saat ini banyak bermunculan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, termasuk informasi seputar spekulasi menjadikan Islam sebagai dasar dan ideologi berbangsa dan bernegara.

Baca juga: MPR: Kesehatan-ekonomi harus dipulihkan pasca-pandemi COVID-19

Baca juga: Fadel Muhammad minta kepala daerah fokus bangun SDM


Fadel, dalam pernyataan tertulis, di Jakarta, Minggu, menegaskan bahwa keputusan menjadikan Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa Indonesia sudah bersifat final dan tidak bisa diubah-ubah lagi karena kesepakatan tersebut diterima dan diakui oleh para pendiri bangsa, termasuk pemuka agama.

"Tidak benar kalau ada yang menganggap, seolah-olah agama Islam akan menjadi dasar negara Indonesia meskipun mayoritas masyarakat beragama Islam," kata Fadel.

Pernyataan itu disampaikan Fadel saat membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR, di hadapan anggota Karang Taruna Kota Semarang dan Kabupaten Demak, juga mahasiswa Unisula dan UIN Walisongo Semarang, yang berlangsung di Sekretariat Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (30/1).

Pada kesempatan tersebut, mantan Gubernur Gorontalo itu juga mengajak para pemuda untuk terus mengembangkan potensi dirinya masing-masing, mulai dari kemauan untuk maju dan terus berkembang, kemauan memperluas jaringan dan pertemanan, dan kemauan untuk berkuasa.

"Tingkatkanlah kapasitas dirimu untuk terus belajar. Gunakanlah kesempatan, sekecil apapun yang menghampirimu. Dan gunakanlah strategi yang tepat untuk mencapai cita-citamu. Bila semua itu dilakukan dengan baik, niscaya kalian akan menjadi orang-orang yang sukses di masa depan," tambah Fadel.

Tak lupa, Fadel mengajak generasi muda untuk mengikuti anjuran pemerintah untuk memutus penularan COVID-19, terutama menyangkut protokol kesehatan, dan ikut dalam gerakan vaksinasi COVID-19.

Baca juga: MPR: Negara maju jika kualitas SDM terjaga dan meningkat

Baca juga: MPR ajak masyarakat perketat protokol kesehatan saat pandemi

Baca juga: MPR: Arah pembangunan nasional harus lebih konsisten

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021