Sudah delapan daerah di Riau laksanakan vaksinasi COVID-19

id vaksinasi covid,covid riau,vaksin coronavac

Sudah delapan daerah di Riau laksanakan vaksinasi COVID-19

Seorang petugas vaksinator menyiapkan vaksin CoronaVac di jarum suntik saat vaksinasi COVID-19 dosis kedua untuk sumber daya manusia kesehatan di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (28/1/2021). (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Mulai awal tahun 2021 sudah delapan dari 12 kabupaten di Provinsi Riau melaksanakan vaksinasi COVID-19.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Riau di Pekanbaru, Senin, ada empat daerah yang melaksanakan vaksinasi COVID-19 serentak pada hari ini, yakni Kabupaten Siak, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Kota Dumai.

"Sudah bisa dimulainya vaksinasi di empat kabupaten/kota tersebut karena mereka sudah menerima distribusi vaksin dari Dinas Kesehatan Riau," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Senin.

Sebelumnya, vaksinasi serentak juga sudah digelar di Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Indragiri Hilir.

Baca juga: Riau sudah didistribusikan vaksin COVID-19 ke 12 kabupaten/kota

Baca juga: Riau sudah terima 69.480 dosis vaksin COVID-19


Mimi mengatakan semua 12 kabupaten/kota di Riau sudah menerima vaksin CoronaVac. Total pendistribusian vaksin produksi PT Biofarma tersebut ada sebanyak 67.480 dosis atau ampul.

"Sebanyak 67.480 dosis vaksin sudah kami distribusikan ke 12 kabupaten/kota. Vaksin itu diterima dalam tiga tahap. Tahap pertama pada 5 Januari 2021 sebanyak 20.000 dosis, tahap kedua 11 Januari sebanyak 22.840 dosis, tahap ketiga 25 Januari 2021 sebanyak 24.640 dosis vaksin," katanya.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Siak berlangsung dengan lancar, meski Bupati Siak Alfedri batal ikut serta. Bupati Alfedri ditunda menerima vaksin karena kondisinya kurang fit.

"Bupati Siak seyogyanya akan hadir dan divaksin namun karena kesibukannya dan tinggi intensitas kegiatannya serta baru pulang dari Jakarta kemarin. Sudah berada di Siak tadi malam, namun kondisi beliau kurang fit agak sedikit kurang sehat sehingga tak dapat hadir," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Siak, Arfan Usman.

Pemkab Siak tetap melaksanakan vaksinasi di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafian. Kegiatan ini merupakan gelombang pertama yang diperuntukkan bagi 490 tenaga kesehatan dan 10 orang pejabat publik di Siak.

Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Siak, Rozza El Afrina menjadi orang pertama yang dipanggil untuk mendapat vaksin dalam kegiatan itu.*

Baca juga: 385 nakes dan tokoh di Riau sudah divaksin COVID-19

Baca juga: Riau siapkan 790 vaksinator untuk sukseskan vaksinasi COVID-19

Pewarta : FB Anggoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar