Pangdam Jaya sidak penerapan prokes di stasiun MRT dan KRL

id Pangdam jaya, mayjen Dudung Abdurachman, Dudung Abdurachman, protokol kesehatan, COVID-19, Kodam Jaya

Pangdam Jaya sidak penerapan prokes di stasiun MRT dan KRL

Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman meninjau penerapan protokol kesehatan di Stasiun KRL Manggarai, Senin (1/2/2021). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Panglima Kodam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman melakukan sidak penerapan protokol kesehatan COVID-19 di tiga titik transportasi publik mulai dari Stasiun MRT Dukuh Atas, Stasiun MRT Bundaran HI, dan ke Stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Manggarai, Senin.

Menurutnya sebagian besar penerapan protokol kesehatan yang dilakukan di tiga titik itu sudah berjalan sesuai dengan standar prosedur pencegahan COVID-19.

Baca juga: Kapolda dan Pangdam Jaya ingatkan warga bersama-sama lawan COVID-19

"Rata- rata (warga) sudah sadar menggunakan masker. Karena di beberapa tempat yang tadi saya lihat sudah ada ketentuan-ketentuan yang digariskan sesuai ketentuan pengelola baik di MRT maupun stasiun KRL sehingga masyarakat otomatis mematuhi," ujar Dudung saat diwawancarai di Stasiun Manggarai.

Meski sebagian besar sudah mematuhi protokol kesehatan, Dudung mengatakan masih menemukan masyarakat yang menjalan protokol kesehatan tidak sesuai standar khususnya dari segi penggunaan masker.

Masyarakat itu pun ditegur dan diberi edukasi oleh petugas dari Kodam Jaya agar mengikuti penggunaan masker sesuai aturan di masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Kapolda ingatkan Babinsa-Bhabinkamtibmas bantu warga terdampak pandemi

Dalam sidaknya, Dudung pun ikut membagikan masker kepada masyarakat yang menjadi penumpang MRT dan KRL yang kedapatan tidak menggunakan masker.

Ia pun membagikan masker bagi masyarakat yang membutuhkan masker pengganti jika masker sebelumnya terasa sudah tidak nyaman.

"Kami pun tadi menyediakan masker untuk mereka yang tidak punya dan (menyediakan) masker untuk berganti," kata Dudung.

Baca juga: Pangdam dan Kapolda Metro gelar pertemuan setiap pekan

Dudung mengharapkan agar masyarakat dapat terus menjaga penerapan protokol di Ibu Kota mengingat angka kasus COVID-19 saat ini sudah mencapai 3 kali lipat dari akhir 2020.

"Peningkatan COVID-19 ini sudah 3 kali lipat. Biasanya sehari 1000 sehari, sekarang sudah mencapai 3000. Wisma Atlet sudah penuh, rumah sakit demikian. Oleh karenanya dimanapun kalian berada tetap patuhi protokol kesehatan. Untuk kesehatan kita bersama, jangan merugikan orang lain," tegas Dudung.

Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar