Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (31/1) kemarin
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (31/1) kemarin, mulai dari Presiden Joko Widodo yang meresmikan PT Bank Syariah Indonesia, hingga indeks harga konsumen mengalami inflasi sebesar 0,26 persen pada Januari 2021.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Presiden Jokowi: Jangan berpikir bank syariah hanya untuk muslim

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan empat pesan kepada manajemen PT Bank Syariah Indonesia Tbk, di antaranya agar raksasa perbankan syariah ini mampu menarik nasabah dari generasi milenial yang jumlahnya mencapai 25,78 persen dari 270 juta penduduk Indonesia.

“Jumlah generasi milenial 25,78 persen dari total 270 juta penduduk Indonesia. Ini jumlah sangat besar,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan PT Bank Syariah Indonesia Tbk di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


2. Sri Mulyani paparkan lima kebijakan pendukung pemulihan ekonomi 2021

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati selaku Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan terdapat lima langkah kebijakan yang mendukung prospek pemulihan ekonomi Indonesia untuk tahun ini.

“Ada lima langkah kebijakan yang mendukung prospek pemulihan ekonomi tersebut,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


3. IHSG melonjak, terkerek Presiden resmikan Bank Syariah Indonesia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal pekan melesat dipicu peresmian PT Bank Syariah Indonesia Tbk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

IHSG ditutup menguat 205,19 poin atau 3,5 persen ke posisi 6.067,55. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 35,32 poin atau 3,87 persen ke posisi 947,3.

Baca selengkapnya di sini


4. Wapres: Ironis, subsidi LPG banyak dinikmati masyarakat mampu

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyayangkan adanya ketimpangan sasaran penerima manfaat subsidi gas minyak cair atau liquified petroleum gas (LPG), yang sebagian besar justru dinikmati oleh kelompok masyarakat mampu.

Wapres menyebutkan hanya 35 persen masyarakat miskin dan rentan yang merasakan manfaat subsidi LPG dari Pemerintah, sementara 65 persen lainnya justru dinikmati oleh kelompok masyarakat dengan tingkat kesejahteraan lebih tinggi.

Baca selengkapnya di sini


5. Melambat, BPS: Inflasi Januari hanya 0,26 persen, dibayangi pandemi

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan indeks harga konsumen mengalami inflasi sebesar 0,26 persen pada Januari 2021 atau melambat secara bulanan dan tahunan karena masih dibayangi pandemi COVID-19.

“Memasuki 2021 ini dampak COVID belum mereda, masih membayangi perekonomian berbagai negara termasuk Indonesia,” kata Kepala BPS Suhariyanto ketika mengumumkan perkembangan inflasi Januari 2021 secara virtual di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021