China tangkap jaringan vaksin palsu, sita 3.000 dosis

id vaksin covid-19,vaksin palsu,vaksin palsu china

China tangkap jaringan vaksin palsu, sita 3.000 dosis

Tangkapan layar iklan yang diduga palsu mengenai pemasaran vaksin COVID-19 yang marak tersebar di WeChat Moments. ANTARA/M. Irfan Ilmie.

Shanghai (ANTARA) - Polisi China menangkap lebih dari 80 orang dan menyita lebih dari 3.000 dosis vaksin palsu COVID-19 sebagai bagian dari kampanye untuk memerangi kejahatan terkait vaksin, menurut laporan kantor berita Xinhua.

Para tersangka telah melakukan penipuan dengan menjual vaksin palsu setidaknya sejak September tahun lalu, kata Xinhua pada Senin.

Xinhua juga menyebutkan bahwa semua sediaan vaksin palsu tersebut telah dilacak.

Baca juga: 18 pemalsu vaksin di Cina segera ditahan

Vaksin palsu itu dibuat dengan menyuntikkan larutan atau infus garam ke dalam jarum suntik, katanya.

Para tersangka mungkin bermaksud mengirim vaksin palsu itu ke luar negeri, kata surat kabar yang didukung pemerintah China -- Global Times, yang mengutip pernyataan dari narasumber yang dekat dengan produsen vaksin utama China.

Operasi pelacakan vaksin palsu tersebut dilakukan oleh polisi di banyak tempat, termasuk di Beijing, Shanghai dan provinsi timur Shandong, kata Xinhua.

Negara-negara di seluruh dunia telah meluncurkan program vaksin dengan harapan mengakhiri pandemi virus corona yang sudah berlangsung selama setahun.

Sumber: Reuters

Baca juga: Twitter larang klaim palsu tentang vaksin COVID-19
Baca juga: Awas vaksin palsu

Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar