Total penyaluran pinjaman dari fintech lending syariah pada Desember tahun lalu kurang lebih Rp1,7 triliun dari 10 platform fintech lending
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mencatat penyaluran pinjaman dari fintech lending syariah selama pandemi COVID-19 pada 2020 mencapai Rp1,7 triliun.

"Total penyaluran pinjaman dari fintech lending syariah pada Desember tahun lalu kurang lebih Rp1,7 triliun dari 10 platform fintech lending," ujar Direktur Eksekutif AFPI, Kuseryansyah dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat.

Kuseryansyah menilai pertumbuhan fintech lending syariah di Indonesia peluangnya bisa lebih tinggi, mengingat industri keuangan dan ekonomi syariah di Indonesia masih low base.

AFPI sendiri melihat di antara 10 fintech lending syariah, sudah bertambah pemain dengan jumlah penyaluran pinjaman lebih meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Kami yakin ke depannya akan terjadi peningkatan yang signifikan, di mana fintech lending yang sedang antre untuk mendapatkan perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri terdapat sekitar 50 fintech lending. Beberapa di antaranya adalah fintech lending syariah," katanya.

AFPI berharap jika OJK telah mencabut moratorium pendaftaran fintech lending baru, fintech-fintech lending yang sedang mengantre tersebut bisa masuk dalam pipeline perizinan di OJK.

Dalam kesempatan sama, Ketua Bidang Humas AFPI, Andi Taufan Garuda Putera mengatakan bahwa Fintech-fintech lending yang bergerak di syariah terus bertambah.

Menurut dia, OJK sendiri melihat tren fintech lending syariah mengalami peningkatan sehingga aturan-aturan mengenai fintech syariah di mana dalam POJK nomor 77 Tahun 2016 belum ada, saat ini mulai difasilitasi.

"AFPI sendiri melihat tren fintech lending syariah ini sangat positif, karena Indonesia dengan mayoritas penduduk Muslim maka fintech lending syariah memiliki potensi besar untuk terus berkembang," katanya.

Baca juga: Perusahaan fintech syariah ALAMI bidik lebih banyak pendana ritel

Baca juga: AFPI: Tren pencairan pinjaman fintech lending naik 27 persen pada 2020

Baca juga: AFPI berharap Erick Thohir dapat mensinergikan BSI dan fintech syariah

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021