Moderna teken perjanjian pasok vaksin COVID bagi Taiwan, Kolombia

id Taiwan, vaksin, COVID-19,Kolombia

Moderna teken perjanjian pasok vaksin COVID bagi Taiwan, Kolombia

Pekerja menyiapkan kardus berisi vaksin COVID-19 Moderna untuk dikapalkan di gudang pusat distribusi McKesson, Olive Branch, Mississippi, AS, Minggu (20/12/2020). ANTARA FOTO/ Paul Sancya/Pool via REUTERS/foc.

Washington (ANTARA) - Produsen obat AS Moderna Inc mengatakan pada Selasa bahwa mereka telah menandatangani perjanjian pasokan untuk vaksin COVID-19 dengan pemerintah Taiwan dan Kolombia masing-masing untuk lima juta dosis dan 10 juta dosis.

Vaksin COVID-19 Moderna saat ini tidak disetujui untuk digunakan di Taiwan atau Kolombia, dan perusahaan tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan akan bekerja dengan regulator untuk mendapatkan persetujuan yang diperlukan sebelum didistribusikan.

Pengiriman akan dimulai pada pertengahan 2021, perusahaan itu menambahkan.

Akhir Desember, Taiwan mengatakan telah setuju untuk membeli hampir 20 juta dosis vaksin COVID-19, termasuk 10 juta dari pembuat obat Inggris AstraZeneca Plc, dengan dosis tahap pertama mulai berdatangan mulai Maret.

Taiwan belum mengumumkan kesepakatan Moderna, dan telah merahasiakan sebagian besar rincian rencana vaksinnya, dengan alasan kerahasiaan komersial.

Minggu ini, pemerintah Taiwan mengatakan akan menerima 200.000 dosis AstraZeneca dari program vaksin global COVAX, dengan vaksinasi kemungkinan dimulai bulan depan.

Pemerintah telah bergerak untuk meyakinkan rakyatnya bahwa mereka bekerja keras untuk memastikan akses ke vaksin, dan juga mengembangkan vaksin di dalam negeri, meskipun lebih lambat.

Namun, para pejabat juga telah mengindikasikan bahwa dengan pandemi yang terkendali dengan baik di Taiwan, tidak ada kebutuhan mendesak untuk mendapatkan vaksin, seperti yang dihadapi oleh negara-negara lain. Saat ini hanya 74 kasus aktif yang dirawat di rumah sakit.

Sumber: Reuters

Baca juga: Selandia Baru akan vaksin COVID-19 orang berisiko tinggi

Baca juga: Ethiopia telah amankan sembilan juta dosis vaksin COVID-19

Pewarta : Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar