Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menetapkan pergantian pimpinan Komisi II DPR, yaitu anggota DPR RI Fraksi PDIP Junimart Girsang menjadi Wakil Ketua Komisi II DPR RI menggantikan Arif Wibowo.

”Berdasarkan mekanisme, tata tertib dan surat dari fraksi maka izinkan saya meminta forum persetujuan ini untuk mengesahkan Junimart Girsang sebagai Pimpinan Komisi II DPR RI, bisa disepakati," kata Azis dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: DPR apresiasi Kemendagri terkait kebijaan PPKM Mikro

Baca juga: Aziz Syamsuddin: Revisi UU Pemilu relevan perkuat kualitas demokrasi


Lalu para anggota Komisi II DPR menyatakan setuju pergantian pimpinan Komisi II DPR tersebut.

Azis kemudian menyerahkan palu sidang kepada Junimart sebagai simbol disetujuinya menjadi pimpinan Komisi II DPR RI yang baru.

Dia mengatakan setelah penyerahan palu secara simbolis tersebut maka Junimart sudah bisa menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR.

Junimart Girsang berharap keberadaannya sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR bisa ikut memperkuat kinerja dan sinergitas bersama dengan seluruh Pimpinan dan Anggota Komisi II DPR.

Saat ini susunan Pimpinan Komisi II DPR terdiri dari Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia (F-Partai Golkar), dan empat Wakil Ketua yaitu Junimart Girsang (F-PDIP), Saan Mustofa (F-Partai NasDem), Luqman Hakim (F-PKB), Syamsurizal (F-PPP).

Baca juga: Luqman Hakim resmi jadi Wakil Ketua Komisi II DPR

Baca juga: Komisi II DPR: Mayoritas fraksi sepakat pilkada pada 2022-2023


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021