Jumlah pasien COVID-19 dirawat di RSUD Mimika menurun

id Pasien COVID-19 di RSUD Mimika,covid

Jumlah pasien COVID-19 dirawat di RSUD Mimika menurun

Direktur RSUD Mimika dr Antonius Pasulu. ANTARA/Evarianus Supar.

Timika (ANTARA) - Jumlah pasien COVID-19 yang kini dirawat di RSUD Mimika, Papua, menurun drastis jika dibandingkan pada 2020 lalu.

Direktur RSUD Mimika dr Antonius Pasulu di Timika, Kamis, mengatakan saat ini hanya terdapat lima pasien COVID-19 yang dirawat di ruang isolasi RSUD Mimika.

Dari lima pasien itu, satu dalam kondisi gejala berat, sementara empat pasien lainnya dengan gejala sedang. Sementara pasien berstarus probable sebanyak tujuh orang sedang menunggu hasil pemeriksaan usap (swab) PCR.

"Kondisinya sekarang memang jauh lebih baik, jumlah pasien positif yang kami tangani memang menurun dibanding pada 2020 lalu," kata Antonius.

Baca juga: 1.973 warga Mimika sudah terima suntikan vaksin COVID-19 Sinovac

Baca juga: Dinkes Mimika sampaikan pengadaan vaksin mandiri Freeport ke Menkes


Sejak awal pandemi COVID-19 pada bulan Maret 2020 hingga kini, pasien meninggal dunia yang sempat menjalani perawatan di RSUD Mimika berjumlah 22 orang.

Antonius mengatakan sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam penanganan pasien COVID-19 di RSUD Mimika.

"Selama ini tidak ada hambatan berarti. Kami melakukan pelayanan sesuai standar operasi prosedur (SOP) yang ditetapkan. Ketersediaan obat-obatan maupun bahan habis pakaian medis terutama alat pelindung diri (APD) selalu memadai," kata Antonius.

Salah satu hambatan yang dialami, katanya, yaitu persediaan oksigen medis yang terbatas sehingga beberapa kali RSUD Mimika meminta bantuan ke PT Freeport Indonesia.

"Produksi oksigen medis di Timika tidak mencukupi dibanding kebutuhan yang ada. Beberapa kali kami minta bantuan ke Freeport karena oksigen medis yang kami pesan dari Surabaya belum tiba," kata Antonius.

Ia berharap warga Mimika tetap taat menjalankan protokol kesehatan, terutama dalam hal melaksanakan 3M, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker dan menghindari kerumunan agar penyebaran virus corona bisa diminimalisir dan berdampak pada menurunnya jumlah pasien yang harus dirawat di rumah sakit.

Sesuai data Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, hingga Selasa (9/2), jumlah kumulatif kasus COVID-19 di Mimika sudah mencapai 4.336, dengan jumlah kasus aktif sebanyak 415 orang.

Sejauh ini sebanyak 3.903 warga yang pernah terpapar COVID-19 di Mimika sudah dinyatakan sembuh, sementara kasus kematian akibat COVID-19 di Mimika tercatat berjumlah 38 orang.*

Baca juga: Pemkab Mimika dukung Freeport vaksinasi COVID-19 mandiri

Baca juga: COVID-19 di Mimika-Papua bertambah 359 kasus selama Januari

Pewarta : Evarianus Supar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar