setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu atau dua PTN
Purwokerto (ANTARA) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menyediakan 1.218 Kursi untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021.

"Unsoed rencananya pada tahun ini akan menerima 1.218 calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN yang tersebar di 39 program studi," kata Tim Sosialisasi SNMPTN Unsoed Dr. Wisnu Widjanarko di Purwokerto, Senin.

Dia menambahkan bahwa sesuai dengan informasi awal yang telah disampaikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi maka pada 15 – 24 Februari 2021 siswa yang telah terdaftar di pangkalan data sekolah dan siswa, dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, dan dapat memilih program studi.

Dia menambahkan untuk program sarjana, Unsoed memiliki 24 program studi pada kelompok saintek dan 15 program studi di kelompok soshum.

"Masing masing daya tampungnya dapat dilihat di laman resmi http://spmb.unsoed.ac.id/peminat-dan-daya-tampung," katanya.

Wisnu yang juga sekretaris Unit Layanan Terpadu Unsoed ini menambahkan Unsoed melalui laman resminya telah secara lengkap menyediakan informasi seputar program studi yang ada.

"Bagi yang membutuhkan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi 0281-635292 ext. 119 dan 191 selama hari dan jam kerja, atau melalui e-mail ke spmb@unsoed.ac.id," katanya.

Berkaitan dengan pilihan program studi, kata dia, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan dan dicermati saksama.

"Pertama, setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu atau dua PTN. Kedua, jika memilih dua program studi, maka salah satunya harus berada di PTN yang lokasinya sama pada provinsi dengan SMA/SMK/MA asalnya," katanya.

Lebih lanjut ditambahkan, bila hanya satu program studi saja yang dipilih maka dapat memilih di PTN pada provinsi manapun.

Selain itu, untuk yang memilih program studi bidang seni atau keolahragaan, wajib mengunggah portofolio.

"Disarankan juga untuk tidak lintas minat, namun tentunya tergantung dari ketentuan PTN yang dituju," katanya.

Sementara itu, bagi para calon pendaftar ada tujuh hal yang mesti dilakukan dalam mendaftar SNMPTN 2021.

Pertama, login di https://portal.ltmpt.ac.id lalu mengisi kelengkapan data orang tua pada halaman profil.

Setelah itu melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan prodi yang dipilih pada halaman pilihan dan mengisi portofolio sesuai kebutuhan program studi.

Setelah itu, mengisi prestasi pada halaman prestasi kendati tidak bersifat wajib dan melakukan finalisasi pada halaman finalisasi. "Setelah itu, dapat langsung mengunduh dan mencetak kartu registrasi," katanya.

Baca juga: Unsoed terima 775 calon mahasiswa lewat jalur SNMPTN

Baca juga: Prodi farmasi diminati pendaftar SNMPTN Unsoed

Baca juga: Mahasiswa asal Sudan lulusan pertama S3 Fapet Unsoed Purwokerto


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021