Surplus neraca dagang ini diperkirakan menyumbang positif pada pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021. Catatan tersebut juga menunjukkan bagaimana kerja keras pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi
Jakarta (ANTARA) - Deputi III Kepala Staf Presiden (KSP) Panutan S Sulendrakusuma menyebut ekspor nonmigas ternyata mampu mendongkrak neraca perdagangan pada Januari 2021.

Ia mengatakan Pemerintah berhasil mencatat surplus neraca perdagangan per-Januari 2021 sebesar 2,0 miliar dolar AS dan hal ini membuat pemerintah semakin yakin pertumbuhan ekonomi pada 2021 membaik.

“Surplus neraca dagang ini diperkirakan menyumbang positif pada pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021. Catatan tersebut juga menunjukkan bagaimana kerja keras pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi selama masa pandemi COVID-19," ujarnya, di Jakarta, Senin.

Baca juga: Setelah 9 tahun Indonesia akhirnya surplus neraca transaksi berjalan

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), Panutan memaparkan surplus neraca dagang terdorong naiknya nilai ekspor.

Sepanjang Januari 2021 nilai ekspor Indonesia tumbuh 12,2 persen secara year on year (yoy) atau menjadi 15,3 miliar dolar AS.

Menurut Panutan, peningkatan nilai ekspor tersebut cukup tinggi di tengah kontraksi pertumbuhan ekonomi sebagian besar negara-negara.

Panutan menambahkan peningkatan ekspor nonmigas sebesar 12,5 persen sepanjang Januari 2021 menjadi penyumbang terbesar surplus neraca perdagangan.

Selain kontribusi dari sektor minyak dan gas yang juga meningkat 8,3 persen yoy.

Baca juga: Wamendag optimistis neraca perdagangan terus membaik

"Terutama dari kelompok komoditi nonmigas, seperti pertanian, pertambangan, dan industri dengan kenaikan berturut-turut sebesar 13,9 persen, 16,9 persen, dan 11,7 persen yoy," katanya.

Di sisi lain, nilai impor Januari 2021 mencapai 13,3 miliar dolar AS, atau terkoreksi 6,5 persen yoy.

Panutan menjelaskan, impor migas dan nonmigas turun berturut-turut 21,9 persen dan 4,0 persen yoy.

Dari kelompok barang, penurunan terjadi pada barang konsumsi, bahan baku/penolong, dan barang modal berturut-turut turun sebesar 2,9 persen, 6,1 persen, dan 10,7 persen yoy.

Baca juga: Neraca Perdagangan RI surplus 1,96 miliar dolar AS pada Januari 2021

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021