Pengeboman sejumlah kapal laut Australia oleh tentara Jepang di pertengahan Februari 1942 di Selat Bangka mengakibatkan lebih dari 4.000 orang meninggal dunia.
Mentok, Babel (ANTARA) - Sejumlah warga Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar peringatan tragedi kemanusiaan peristiwa Perang Dunia II di Pantai Radji.

"Melalui kegiatan ini kami berharap tragedi itu tidak terulang kembali pada masa mendatang dan seluruh bangsa bersatu padu mewujudkan perdamaian," kata Kepala Seksi Sejarah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat M. Ferhad Irvan di Mentok, Selasa.

Menurut dia, tragedi Perang Dunia II yang terjadi di Selat Bangka mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia merupakan sebuah kedukaan yang bisa menjadi pelajaran sejarah hidup untuk menciptakan perdamaian seluruh bangsa.

Dalam peringatan tragedi kemanusiaan pada tahun ini, pihaknya sengaja tidak mengundang sejumlah keluarga korban dari berbagai negara untuk datang ke Mentok karena pandemi COVID-19. Acara ini hanya dilakukan sederhana dan terbatas.

"Dalam rangkaian kegiatan ini, kami bersama Museum Timah Indonesia Mentok dan kawan-kawan PMI Bangka Berat telah melaksanakan tabur bunga di beberapa lokasi, seperti Pantai Radji, monumen di kompleks menara suar Tanjungkalian, museum di Menjelang dan permakaman Menjelang," katanya.

Baca juga: Ratu Elizabeth peringati 75 tahun berakhirnya Perang Dunia II

Pada tahun-tahun sebelumnya, peringatan yang dilaksanakan setiap Februari selalu dihadiri keluarga korban yang berasal dari berbagai negara dan perwakilan dari Kedutaan Besar Australia di Indonesia.

"Selain tabur bunga, dalam rangkaian peringatan tahun ini kami juga menggelar peringatan bersama para keluarga korban, para pensiunan tentara Australia, dan pihak kedutaan besar melalui virtual," katanya.
Peringatan peristiwa Perang Dunia II secara virtual digelar di Museum Timah Indonesia, Mentok. ANTARA/ Donatus Dasapurna


Rangkaian kegiatan itu digelar dalam rangka memperingati peristiwa pengeboman sejumlah kapal laut Australia oleh tentara Jepang di pertengahan Februari 1942 di Selat Bangka yang mengakibatkan lebih dari 4.000 orang meninggal dunia.

Tragedi di Selat Bangka berawal dari Perang Pasifik atau penyerangan pesawat tempur Jepang terhadap armada Pasifik Amerika Serikat di Pearl Harbour pada tanggal 7 Desember 1941.

Pada hari berikutnya pasukan darat Jepang menyerbu Koloni Inggris di Kota Bharu, Semenanjung Malaya.

Baca juga: Peringati PD II, Shinzo Abe bersumpah tak akan mengulang perang

Dengan dukungan Angkatan Laut dan Angkataan Udara yang kuat, Jepang pada tanggal 14 Februari 1942 menguasai kota Singapura. Keesokan harinya Letnan Jenderal Arthur Percival, komandan pasukan Inggris di Singapura, menyerah.

Pada hari-hari terakhir sebelum kejatuhan Singapura, ribuan warga sipil pria, wanita, dan anak-anak Inggris, Australia, dan berbagai negara yang saat itu tinggal di Singapura menaiki kapal untuk melarikan diri ke berbagai arah, termasuk ke Jawa dan Australia. Namun, upaya ini merupakan evakuasi yang terlambat.

Pada tanggal 13 Februari 1942, sebuah pesawat pengintai Inggris menemukan konsentrasi besar konvoi pelayaran Angkatan Laut Jepang di utara Pulau Bangka. Konvoi tersebut berangkat dari Camranh Bay-Indochina pada tanggal 12 Februari 1942 dengan tujuan invasi ke Mentok dan Palembang.

Pada saat yang sama, banyak kapal pengungsi yang penuh dengan pasukan dan warga sipil Inggris dan Australia melarikan diri dari Singapura dan di pintu masuk Selat Bangka, armada angkatan laut Jepang menghentikan pelarian para pengungsi tersebut.

Dari 44 kapal evakuasi yang berangkat pada hari-hari terakhir antara 12 dan 14 Februari 1942, sebanyak 40 kapal dibom dan tenggelam di Selat Bangka dan diperkirakan sekitar 4.000 hingga 5.000 penumpang kapal tewas dalam kejadian itu.

Baca juga: Australia akan ungkap defisit anggaran terbesar sejak Perang Dunia II

Ada juga sebagian penumpang mendarat atau terdampar di sepanjang pantai Pulau Bangka dengan sekoci, pelampung, rakit, atau barang-barang apa saja yang mengapung.

Di antara mereka yang selamat mendarat di tepi pantai Pulau Bangka ditangkap dijadikan tawanan Jepang yang saat itu sudah menduduki Pulau Bangka.

Untuk mengenang tragedi itu, secara rutin tiap tahun para keluarga korban, khususnya kelompok keluarga perawat yang menjadi korban tragedi bersama perwakilan Pemerintah Australia melakukan ziarah dan peringatan peristiwa di Mentok.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021